Kronologi Hilangnya Empat Anggota TNI di Perbatasan Filipina

Panglima Komando Armada Timur (Pangkoarmatim) Laksamana Madya TNI Darwanto.
Sumber :
  • antara foto

VIVA.co.id – Empat prajurit TNI Anglatan Laut hilang di perairan perbatasan Filipina sejak Rabu, 14 Desember 2016. Panglima Komando Armada Timur (Pangkoarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto menjelaskan kronologi kejadian yang dialami para prajurit TNI AL tersebut.  

Kementerian LHK: 4 Provinsi Miliki Kualitas Air Laut Tertinggi

Pada Selasa, 13 Desember 2016, sekitar pukul 16.30 WIT, KRI Layang-635 mendapat kontak secara visual kemudian terdeteksi menggunakan radar navigasi JRC terdapat spot kontak radar pada jarak 5 NM (Nautical Mile) dengan kecepatan 8 knot haluan ke Utara. Kontak terus didekati sampai dengan jarak 2 NM hingga terlihat secara visual kontak tersebut adalah kapal berbendera Filipina bernama FB Nurhana.

“Nah, pada hari yang sama, sekitar pukul 17.15 WIT, sebelum melakukan pemeriksaan dan penangkapan terhadap kapal nelayan tersebut, sempat terjadi kontak senjata. Kemudian kapal nelayan berhasil diamankan tanpa muatan dan dokumen. Hanya ada 24 ABK,” kata Darwanto, Sabtu, 24 Desember 2016.

Ternyata Ada 7 Pulau Terluar Indonesia yang Diincar Negara Lain

Kapal tersebut kemudian digiring ke Lanal terdekat yakni Lanal Melonguane, Talaud. Dalam perjalanan ke Lanal Melonguane, empat prajurit tadi ditugaskan mengawal kapal nelayan Filipina. “Mereka pindah ke kapal nelayan Filipina. Sedangkan 21 ABK kapal nelayan Filipina diamankan ke KRI Layang,” ujarnya.

Kemudian, Rabu, 14 Desember 2016, sekitar pukul 06.00 WITA, saat perjalanan dari perairan perbatasan Indonesia-Filipina menuju Lanal Melonguane dalam kondisi cuaca yang buruk, empat prajurit dalam kapal nelayan FB Nurhana hilang kontak. “KRI Layang sempat mencari ke lokasi awal penangkapan kapal nelayan Filipina tersebut tapi sudah tidak ditemukan. Akhirnya KRI Layang melanjutkan perjalanan ke Bitung,” kata Darwanto.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

Meski cuaca dan geografis buruk, TNI AL terus melakukan pencarian dengan melibatkan empat KRI dan dua pesawat. “Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihal Angkatan Laut Filipina untuk melakukan pencarian. Tapi belum juga menemukan,” katanya. (ase)

Aksi heroik nelayan berhasil usir kapal asing yang mau masuk ke Indonesia

Hanya Gunakan Kapal Kayu, Aksi Keren Nelayan Ini Berhasil Usir Kapal Asing dari Laut Indonesia

Beberapa nelayan muda tampak berhasil mengusir kapal asing yang berencana masuk dan memancing ikan secara illegal di perairan Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2023