Salimah Bangga Bantu Jemaat Natal di Gereja Ruteng

Jemaat mengikuti misa pada malam Natal 2016.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA.co.id – Misa malam Natal di Ruteng Manggarai Flores Nusa Tenggara Timur berlangsung khidmat, meski hujan turun lebat. Situasi di dalam Gereja St. Mikhael Kumba Ruteng tambah sesak karena jemaat harus berbagi tempat.

Presiden Jokowi: Capaian Pembangunan Harus Kita Rawat dan Jaga, Kita Lanjutkan

Di tengah situasi hiruk-pikuk, sejumlah remaja berjilbab terlihat sibuk menuntun para jemaat lanjut usia menuju tempat duduk di tenda samping gereja. Mereka yang berjilbab merupakan Remaja Masjid (Remis) Ruteng. Pemandangan damai ini membuat malam Natal sangat sejuk.

Hasmayah Salimah (15), salah seorang anggota Remis yang bertugas di Paroki Kumba selama misa Natal, mengaku bangga dapat membantu prosesi ibadah umat Kristiani. Remaja yang duduk di bangku kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Ruteng itu bahkan tidak canggung menyapa ribuan umat Katolik yang masuk ke dalam Gereja.

Peringati Maulid Nabi, Menag Yaqut Ungkap Persamaan Indonesia dan Kota Madinah

“Di sini saya bertugas di bawah perasaan dan niat melayani. Saya bangga bertugas menjaga misa Natal dengan bapak-bapak polisi,” ujar Hasmayah.

Dia mengatakan, tugas ini bukan yang pertama dilakukan pengurus Masjid Ruteng. Tugas serupa sudah dilakukan sejak Natal 2013 lalu. Menurutnya, jumlah remaja masjid yang bertugas dalam misa Natal 2016 berjumlah 40 orang.

Ngeri, Sekjen PBB Peringatkan Dunia di Ambang Krisis, Perang, dan Perpecahan

Mereka yang bertugas disebar di empat gereja besar yakni, Katedral, Paroki Kristus Raja, Gereja St. Mikhael Kumba serta Gereja Emanuel. Tugas mereka selama dua hari yakni, saat misa malam Natal dan misa perayaan Natal 25 Desember 2016.

“Ini tahun ketiga kami bertugas seperti ini. Tugas kami turut mengatur kendaraan bersama Pak Polisi serta bertugas di gerbang masuk gereja. Bertugas sejak jam 4 sore hingga jam 10 malam. Dari sebelum misa pertama hingga misa kedua selesai,” katanya. (ase)

 
Laporan Jo Mariono/ Manggarai-NTT
 
 
 
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya