Deddy Mizwar: Warga Cuek Orang Asing Bisa Jadi Korban Teror

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar.
Sumber :
  • VIVA/Suparman

VIVA.co.id - Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, mewanti-wanti warganya agar berperan aktif mencegah penyebaran terorisme dengan lebih peduli pada lingkungan sekitar. Mengawasi atau mengamati keberadaan orang asing, warga luar daerah ataupun luar negeri, amat penting untuk mengurangi potensi terorisme.

Polda Jabar Prediksi Puncak Arus Mudik Terjadi Mulai 6 April 2024

Wakil Gubernur mengimbau setiap warganya agar tak segan melaporkan kepada polisi atau aparat jika melihat atau mengetahui keberadaan orang asing yang dianggap mencurigakan.

"Kalau kita cuek maka nanti yang akan jadi korbannya, ya, kita sendiri," kata Deddy kepada wartawan di Bandung pada Jumat, 23 Desember 2016.

Giliran Pangandaran Digoyang Gempa, Terasa Sampai Banyumas dan Kebumen

Wakil Gubernur mengingatkan juga, ancaman gangguan keamanan, termasuk teror, lebih besar saat aturan bebas visa bagi 170 negara diberlakukan kelak. Soalnya warga asing bakal lebih mudah masuk Indonesia, meski tak semua bermaksud jahat.

Jika aturan bebas izin kunjungan bagi warga asing itu diberlakukan, kata Deddy, pekerjaan aparat keamanan bakal lebih berat. Soalnya bakal lebih banyak lagi orang asing bertujuan berwisata atau bekerja yang harus diawasi. Tidak menutup kemungkinan sebagian di antara mereka adalah jaringan kelompok teroris atau pengedar narkotika.

Babak Baru Yosep Subang Pembunuh Tuti dan Amalia Segera Diadili

"Jangan masa bodoh terhadap lingkungan. Bukan hanya peduli kepada masyarakat yang susah, tetapi juga terhadap kejadian-kejadian di sekeliling kita, harus segera dilaporkan. Kalau enggak, bisa-bisa nanti kita atau mungkin saudara dan keluarga kita yang menjadi korban," katanya.

Soal keamanan negara, menurut Deddy, bukan hanya tanggung jawab Pemerintah dan aparat, melainkan juga menjadi tanggung jawab warga di masing-masing lingkungannya.

"Selama ada hal yang mengancam kehidupan bernegara dan masyarakat, maka harus diamankan dan diproses secara hukum. Siapa pun orangnya yang berupaya merongrong kedaulatan negara maka harus ditindak. Tidak ada kompromi," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya