Puting Beliung Terjang Pangkep, Ratusan Rumah Rusak

Puting Beliung di Pangkep.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Yasir

VIVA.co.id – Angin puting beliung menerjang lima kecamatan di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, Kamis, 22 Desember 2016. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangkep mendata, dari lima kecamatan, sebanyak 182 rumah dilaporkan rusak.

INFOGRAFIK: Perbedaan Tornado dan Puting Beliung yang Jadi Perdebatan

Petugas reaksi cepat BPDB Pangkep, Faisal, menyebut, lima kecamatan itu adalah Mandalle, Sigeri, Ma'rang, Labbakkang dan Pangkajenne. Kebanyakan rumah yang rusak berada di daerah pesisir.

"Kejadian angin puting beliung sejak Desember ini sudah dua kali. Pertama dua hari lalu, dua rumah rusak. Kemudian kejadian tadi. Kerusakan rumah warga ada rusak ringan, rusak sedang dan rusak berat," kata Faisal saat dikonfirmasi.

Belasan Rumah Warga di Kertasari Bandung Rusak Akibat Puting Beliung

Kerusakan paling banyak terjadi di Desa Bo'di, Kecamatan Mandalle. Sebanyak 41 rumah rusak dengan kategori ringan. Di antaranya atap rumah terbang dibawa angin. Sementara terparah atau kategori rusak berat berada di Kelurahan Bonto Mate'ne, Kecamatan Sigeri. "Ada lima rumah yang bagian atasnya itu sama sekali bolong. Tidak menyisakan satu pun atap," kata Faisal.

Atas kejadian ini, tak ada korban luka atau pun meninggal dunia. Meski begitu, Faisal mengatakan, warga diimbau untuk waspada, mengingat cuaca buruk masih sering terjadi sepekan terakhir.
 

Puting Beliung Kembali Terjang Pemukiman di Bandung
Bantuan untuk korban angin puting beliung [dok. Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat]

Pertamina Salurkan Bantuan ke Korban Bencana Angin Puting Beliung di Bandung dan Sumedang

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, menyalurkan bantuan berupa paket makanan siap saji, selimut, serta terpal, kepada para warga korban angin puting beliung

img_title
VIVA.co.id
28 Februari 2024