Fadli Zon Minta Penangkapan Teroris Jangan Dibesar-besarkan

Wakil Ketua DPR, Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur.

VIVA.co.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI, Fadli Zon, mengatakan masalah terorisme yang berujung penangkapan sejumlah terduga teroris di sejumlah daerah di Indonesia harus dilihat sebagai suatu masalah yang serius.

5 Fakta Penangkapan Teroris di Bekasi yang Merupakan Karyawan PT KAI

Penangkapan sejumlah terduga teroris yang berencana melakukan serangan pengeboman di sejumlah daerah memang harus dicegah sedini mungkin. "Masalah terorisme harus kita lihat sebagai satu masalah yang ada, tapi kita harus bisa melakukan pencegahan," ujar Fadli Zon, di Malang, Jawa Timur, Kamis, 22 Desember 2016.

Fadli Zon menyebut, harus ada upaya pencegahan berkelanjutan. Sebab jika dilihat dari berbagai faktor, banyak yang melatarbelakangi aksi teror terjadi di Indonesia. "Bagaimana pencegahan ini bisa berkelanjutan, karena kalau kita lihat faktor-faktor yang menyebabkan terorisme itu cukup banyak. Termasuk ekonomi, keyakinan, ajaran yang radikal dan juga masalah globalisasi yang sekarang lintas perbatasan," kata Fadli Zon.

Sempat Baku Tembak, Total 6 Tersangka Teroris Ditangkap Densus 88 di Lampung

Namun, Fadli Zon meminta, penangkapan sejumlah terduga teroris tidak perlu dibesar-besarkan. Karena, menurutnya, rencana aksi teror tidak mencerminkan masyarakat Indonesia yang cinta damai.

"Elemen-elemen yang radikal itu, sangat sedikit jumlahnya, jangan diprovokasi dengan hal-hal yang menyebabkan mereka justru menjadi terorisme baru. Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang cinta damai," kata Fadli Zon.

Kepala BNPT Komjen Pol. Rycko Amelza Dahniel

BNPT: 148 Teroris Ditangkap Sepanjang Tahun 2023, Didominasi JI dan JAD

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan bahwa sebanyak 148 teroris telah berhasil ditangkap sepanjang tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023