Terduga Teroris Deli Serdang Diterbangkan ke Jakarta

Densus 88
Sumber :

VIVA.co.id – Densus 88 Antiteror menerbangkan terduga pelaku terorisme dengan inisial S (27) ke Markas Komando Densus 88 Antiteror di Jakarta untuk menjalani pemeriksaan dan pengembangan lanjutan. Sebelumnya S diamankan oleh Tim Densus 88 bersama Brimob Polda Sumatera Utara di rumah orangtuanya di Dusun III Aji Baho, Kecamatan Biru-biru, Kabupatan Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu, 21 Desember 2016.

5 Perwira Polri Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa usai Lumpuhkan Gembong Bom Bali Dr Azhari

"Terkait penangkapan DPO semalam tersangka S tadi pagi sudah diterbangkan ke Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih intensif lagi," kata Kapolda Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Rycko Ameza Dahniel di Medan, Sumatera Utara, Kamis 22 Desember 2016.

Rycko menjelaskan, S merupakan terduga terorisme yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) Densus 88. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang bakso kojek itu merupakan kaki tangan Gigih Rahmat Dewa yang termasuk kelompok teroris di Batam dan juga tergabung dalam jaringan Bahrum Naim.

5 Perwira Polisi yang Menangani Kasus Bom Sarinah, Ada yang Berujung Masuk Bui

"Aksi terorisme yang harus dipertanggungjawabkan oleh yang bersangkutan adalah di Wilayah Batam di mana tersangka ini datang ke Sumut karena melarikan diri kemudian bersembunyi di rumah keluarganya di Biru-biru," kata Jenderal bintang dua itu.

Rycko akan melakukan pemantauan terhadap aktivitas jaringan tersebut di Sumatera Utara. "Pilihan tersangka lari ke Sumut apakah akan bergabung, apakah akan mengaktifkan kembali sel-sel yang ada di Sumut ini akan menjadi perhatian kita," katanya.

Polri Ungkap Peran 10 Terduga Teroris yang Ditangkap di Solo Raya

Polisi akan melakukan deteksi dan upaya pencegahan maksimal melalui penyelidikan sel-sel terorisme di wilayah tersebut. Sementara mengenai pengamanan di tempat kejadian perkara masih dilakukan hingga saat ini. "Sampai pemeriksaan di TKP dinyatakan selesai oleh penyidik di Jakarta dan status orangtuanya sebagai saksi," katanya.

(mus)

Juru Bicara Densus 88 Anti-teror Polri, Kombes Pol Aswin Siregar.

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng

Para terduga teroris itu ditangkap di lokasi berbeda.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024