Banyak Program Televisi Tak Penuhi Standar Kualitas KPI

Ilustrasi menonton televisi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Komisi Penyiaran Indonesia bersama Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, serta 12 perguruan tinggi di Indonesia, memaparkan hasil penelitian pengawasan kategori program siaran televisi dalam acara refleksi akhir tahun KPI, Rabu, 21 Desember 2016.

Komnas HAM Buka-bukaan Perundungan Keji terhadap MS Si Pegawai KPI

Hasilnya, hanya program wisata budaya yang memenuhi standar kualitas KPI dengan indeks 4,22. KPI sendiri menetapkan standar kualitas program siaran TV adalah 4.0, dengan skala 1 hingga 5.

Beberapa kategori lainnya seperti, berita, talkshow, infotainment, religi dan komedi tidak mencapai standar KPI dengan kisaran indeks 3,5. Kategori sinetron/film mendapat nilai terendah yaitu 2,96.

KPI Gelar Rakernas, Ingin Rumuskan Kebijakan Baru

Ketua ISKI, Endah Murwani mengatakan, beberapa indikator penilaian yaitu independen, keberimbangan berita, dan tidak membuat opini yang menghakimi.

Salah satu yang menjadi sorotan yaitu kategori berita yang belum mencapai standar atau hanya mendapat indeks 3,44. Hal itu karena sebagian besar berita dinilai memprovokasi masyarakat dengan penderitaan, tapi tidak mengedukasi solusi permasalahan. "Sebagian berita terlihat menggiring opini khalayak. Bahkan kadang berita sudah menghakimi atau menyalahkan pihak tertentu," kata Endah di Jakarta.

Polisi Ungkap 2 Kendala Penyidikan Kasus Pelecehan Seksual Pegawai KPI

Selain itu, terkait independensi, pemilik TV juga kerap mengintervensi konten dan porsi pemberitaan. TV kurang memberikan ruang dan waktu kepada masyarakat menyaksikan peristiwa lain selain peristiwa politik. "Keberimbangan perlu ditingkatkan dalam program siaran berita," katanya menambahkan.

Adapun program wisata budaya mendapat nilai tertinggi karena dianggap informatif, mencerminkan kearifan lokal, serta menghormati nilai dan norma kesopanan dan kesusilaan.

Penelitian ini bersifat evaluasi terhadap kualitas isi program siaran TV yang dilakukan oleh pemirsa ahli, dengan menggunakan butir kuesioner dari indikator penilaian kualitas yang memiliki poin pada siaran yang ditayangkan setiap stasiun TV.

Penelitian melibatkan 120 pemirsa ahli di 12 kota selama periode November - Desember 2016. Sementara populasi penelitian adalah semua program siaran yang ditayangkan di 15 stasiun TV nasional pada rentang waktu pukul 04.00 hingga 24.00 WIB.

Diasumsikan setiap stasiun televisi rata-rata menayangkan 20-an program siaran setiap harinya. Kategori penelitian tersebut adalah berita, talkshow, infotainment, sinetron/film, variety show, anak-anak, komedi, religi, dan wisata budaya.

Berikut ini hasil survei kualitas program siaran TV berdasarkan KPI dan ISKI:

Wisata Budaya 4,22

Religi 3,70

Anak-anak 3,62

Berita 3,44

Talkshow 3,48

Variety Show 3,06

Komedi 3,27

Sinetron/Film 2,75

Infotainment 2,7

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya