Marak Terorisme, Mendagri Serukan Siskamling Digalakkan

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Danar Dono

VIVA.co.id – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri melakukan penggerebekan terhadap terduga teroris di kawasan Kampung Babakan, Tangerang Selatan. Tiga terduga teroris ditembak mati dan satu terduga teroris lainnya berhasil ditangkap dalam kondisi hidup.

Tak Jelas Rimbanya, Sahabat Desak Jokowi Bebaskan Munarman

Di tempat berbeda, Densus 88 juga melakukan penangkapan dua terduga teroris, masing-masing di wilayah Payakumbuh, Sumatera Barat dan Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu, 21 Desember 2016.

Terkait hal ini, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menginstruksikan kepada forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) untuk kembali menggalakkan budaya sistem keamanan lingkungan (siskamling) di lingkungan Rukun Tetangga, Rukun Warga masing-masing daerah.

Densus 88 Geledah Rumah di Bantul, Sita Rompi hingga HT Jadul

"Kembangkan lagi siskamling di semua RT/RW sebagai deteksi dini (aksi terorisme)," ujar Tjahjo, Rabu 21 Desember 2016.

Tak hanya itu, ia juga meminta Forkompinda untuk rutin menggalang koordinasi dan konsolidasi dengan tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat di masing-masing tempat guna hal yang sama.

Tiba di Bandara Soetta, Gubernur Sulsel Langsung Dibawa ke Gedung KPK

"Kan instruksi Mendagri sudah jelas. Forum komunikasi pimpinan daerah dibentuk sampai tingkat kecamatan untuk membangun koordinasi rutin dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat, antisipasi dini menjaga stabilitas di daerah," kata Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

(mus)

Ilustrasi Densus 88 Antiteror.

Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Sumut

Densus 88 Anti Teror juga mengamankan terduga teroris di Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2021