Ratusan Kantong Darah di PMI Surabaya Tercemar Penyakit

Ilustrasi donor darah.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Humas Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, Agung Trijutanto menyatakan bahwa ratusan kantong darah yang ada di PMI Surabaya tercemar penyakit. Data yang disebut, terdapat sebanyak 180 kantong darah yang tercemar penyakit.

Mengikuti Keseharian Krisdayanti, dari DPR sampai Olahraga Wushu

Dari jumlah itu, 75 persen di antaranya tercemar virus Hepatitis B. Selain itu juga masih ada yang tercemar Sifilis, dan virus Hepatitis C. “Totalnya memang ada 180 kantong yang tercemar penyakit,” kata Agung, di Surabaya, Selasa 20 Desember 2016.

Maka itu, menurut Agung, saat ini PMI terus melakukan sejumlah langkah antisipasi. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan awal atau screening. Pemeriksaan itu dilakukan terhadap setiap kantong darah yang diterima dari para pendonor. 

Prananda Ajak Milenial Kasih Kontrubusi ke Negara Buat Akhiri Pandemi

“Caranya dengan memasukkan contoh darah ke dalam tabung kecil, dan setiap kantong darah harus melewati tahapan ini,” ujar Agung.

Apabila menemukan virus dalam kantong darah itu, maka petugas akan memisahkan kantong darah tersebut dari kantong darah lainnya. Selanjutnya, PMI akan memanggil pendonor yang bersangkutan untuk diberikan konsultasi, dan pemeriksaan kesehatan hingga tiga kali.

Segera Operasi Jantung, Chef Haryo Mohon Bantuan Donor Darah

“Kalau memang terbukti, maka yang bersangkutan akan dilarang untuk mendonorkan darahnya. Tapi kalau sudah sembuh, maka pendonor sudah boleh mendonorkan darahnya lagi,” ujar Agung.

Pangdam Jaya Mayjen Untung Budiharto menghadiri acara donor darah

Perempuan Jenggala Adakan Donor Darah, Pangdam Jaya Bilang Begini

Perempuan Jenggala menggelar acara santunan perempuan dhuafa dan donor darah dalam rangka merayakan HUT ke-3.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2022