Pemerintah Masih Lobi Arab Soal Penambahan Kuota Haji

Jemaah saat menyimak khotbah wukuf oleh Menteri Agama sekaligus amirulhaj (pemimpin jemaah haji), Lukman Hakim Saifuddin, di Padang Arafah, Minggu 11 September 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Arinto Tri Wibowo

VIVA.co.id – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin kembali membatah isu seputar penambahan kuota haji yang marak diperbincangkan masyarakat saat ini.

Kuota 2024 Terbesar Sepanjang Sejarah Penyelenggaraan Ibadah Haji

Menurutnya, isu tersebut tidak jelas dan tidak dapat dipercaya sumbernya. Karena itu, dia mengimbau agar masyarakat dapat cermat dalam menerima setiap informasi.

"Informasi (kalau ada penambahan kuota) yang beredar selama ini tidak benar. Karena, kuota baru akan kita tahu setelah ada pendatanganan dengan Arab Saudi," kata Lukman saat konferensi pers di kantor Kementerian Agama, Jakarta, Senin, 20 Desember 2016.

Suhu Ekstrem Arab Saudi Capai 50 Derajat, Jemaah Perlu Persiapkan Hal Ini Saat Musim Haji

Selama ini, kuota haji Indonesia dari pemerintah Arab Saudi mencapai 168 ribu jemaah. Perihal ada penambahan atau tidak, akan diketahui setelah kerja sama disepakati pada 4 Januari 2017.

"Sampai saat ini belum mendapatkan tambahan kuota. Tapi pemerintah terus melobi agar Indonesia dapat menerima tambahan kuota," kata Lukman. (ase)

Ubah Penempatan Jemaah Haji 2024, Kemenag Beberkan Alasan Ini
Ribuan Jamaah Haji Lakukan Thawaf

Tahap II Ditutup, 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

Kuota jemaah haji Indonesia tahun ini sebanyak 221.000. Selain itu, Indonesia mendapat 20.000 kuota tambahan.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024