Ormas Islam Galang Dana Lebih Setengah Miliar untuk Aleppo

Penggalangan dana untuk Aleppo di Makassar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Yasir

VIVA.co.id – Ormas Forum Umat Islam Bersatu (FUIB) melakukan aksi solidaritas penggalangan dana untuk kaum muslim di Aleppo, Suriah. Total telah terkumpul lebih dari Rp500 juta, yang terdiri dari uang, cincin, kalung dan barang lainnya yang dikumpulkan selama dua hari 18 dan 19 Desember 2016 di Makassar.

Buntut Kasus Pembangunan Masjid oleh Daud Kim, Federasi Muslim Korea Ingatkan Hal Ini

Penasihat FUIB, Sirajuddin, mengatakan sumbangan dari masyarakat Makassar untuk warga muslim Aleppo awalnya dilaksanakan di Masjid Raya Makassar, Minggu, 18 Desember kemarin. Di sana, total penggalangan mencapai Rp472 Juta.

"Jadi, kemarin itu hampir setengah miliar karena sebagian sumbangan yang masuk itu ada juga berupa benda-benda dan perhiasan seperti cincin, ada kalung dan sebagainya," kata Sirajuddin usai melakukan aksi solidaritas penggalangan dana untuk warga Aleppo di Monumen Mandala Makassar, Sulawesi Selatan, Senin, 19 Desember 2016.

Kuasa Hukum Ungkap Perkumpulan Penggemar Ammar Zoni Adakan Penggalangan Dana

Sirajuddin yang juga Sekretaris Forum Umat Islam Sulsel itu mengungkapkan, penggalangan dana hari ini mencapai lebih dari Rp100 juta. Total dana yang terkumpul telah mencapai lebih dari Rp500 juta.

"Kami akan salurkan melalui lembaga-lembaga yang resmi seperti BMA, lembaga dari Muhammadiyah, serta Wahda Islamiyah. Dari situ akan kami salurkan," ujarnya.

Terjerat Kasus Korupsi, 4 Menteri di Jepang Mengundurkan Diri

Mengenai waktu pengiriman, dia menjelaskan masih akan melakukan koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait. Selain itu, FUIB juga masih akan tetap melakukan penggalangan dana di minggu ini.

"Mungkin untuk Aceh kita lihat perkembangannya, kalau cukup banyak yang terkumpul dari beberapa hari ke depan, kita mungkin akan sisihkan sebagian. Tapi prioritasnya untuk Aleppo, karena Aceh juga dulu sudah pernah kami adakan. Jadi ini sasaran untuk Alepo," jelasnya.

Terkait penggalangan dana, Sirajuddin menjelaskan bahwa aksi solidaritas tersebut sebagai wujud kepedulian terhadap sesama umat Islam. Rasulullah mengatakan, umat Islam itu bagaikan satu tubuh. Apabila satu bagian dari tubuh sakit, terluka, maka sakit itu akan dirasakan oleh seluruh tubuh.  

"Aksi hari ini, sebagai bukti bahwa kami turut prihatin dan ini akan menjadi pertanggungjawaban kelak di akhirat. Bahwa kami pun juga, umat Islam di Indonesia ini turut prihatin atas terjadinya peristiwa di Aleppo," ujar Sirajuddin.

Turut hadir di aksi solidaritas dan penggalangan dana tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI perwakilan Sulsel, Azis Kahar Muzakkar. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya