Hercules Nahas Angkut Semen karena Permintaan Papua

Bangkai mesin Pesawat Hercules tipe A 1335 milik TNI jatuh di Jayawijaya, Papua.
Sumber :
  • Basarnas

VIVA.co.id - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya, mengakui pesawat nahas Hercules C-130 memang mengangkut semen dan logistik dengan total berat muatan sebanyak 12 ton. Muatan itu atas permintaan pemerintah daerah setempat karena memang sangat dibutuhkan di sana.

Harapan Wapres Maruf Amin Terhadap KSAU Baru Marsdya Tonny Harjono

“Itu atas permintaan pemerintah daerah (Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan Pemerintah Provinsi Papua). Karena logistik di Papua itu sangat dibutuhkan. Setiap ada permintaan, kita penuhi,” kata Jemi dalam perbincangan dengan tvOne dalam program Apa Kabar Indonesia Pagi pada Senin, 19 Desember 2016.

Dia menepis analisis dugaan yang menyebutkan pesawat dengan 12 kru dan seorang penumpang itu kelebihan muatan. Kondisi pesawat pun tidak bermasalah karena selalu menjalani pemeriksaan dan perawatan.

Menyandang Jenderal Kehormatan, Ini Deretan Bintang Jasa Prabowo dari Panglima TNI dan Kepala Staf

Namun, katanya, kecelakaan itu ditengarai kuat akibat cuaca buruk di langit Papua. “Cuaca di lokasi memang sangat tidak memungkinkan. Kemarin sudah disampaikan Wakasau (Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal Muda TNI Hadiyan Sumintaatmadja),” ujarnya.

TNI AU telah membentuk tim investigasi untuk menyelidiki penyebab pasti kecelakaan pesawat militer itu. Tim sudah diberangkat ke lokasi kecelakaan dan segera bekerja untuk penyelidikan.

Istana Kasih Bocoran Calon Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa

Pesawat Hercules C-130 milik TNI AU jatuh Gunung Lisuwa, Distrik Minimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua, pada Minggu pagi, 18 Desember 2016. Pesawat itu terbang dari Timika dan hendak menuju Wamena. Sebanyak 12 prajurit TNI AU dan seorang petugas radar di dalam pesawat yang meninggal dunia.

Wakil KSAU mengatakan bahwa pesawat itu juga sedang latihan dalam rangka peningkatan kemampuan penerbang dari kopilot menjadi kapten pilot. (ase)

Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono saat dilantik Presiden

Dilantik Jadi KSAU, Tonny Harjono Naik Pangkat Marsekal TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Tonny Harjono resmi menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) di Istana Negara, Jumat, 5 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024