KSAU Serahkan 12 Jenazah Kru Hercules Nahas kepada Keluarga

Sebanyak 12 jenazah kru pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Papua tiba di Skuadron Udara 32 Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang, Jawa Timur, pada Minggu malam, 18 Desember 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

VIVA.co.id - Sebanyak 12 jenazah kru pesawat Hercules C-130 yang jatuh di Kabupaten Jayawijaya, Papua, tiba di Skuadron Udara 32 Pangkalan Udara (Lanud) Abdul Rahman Saleh, Malang, Jawa Timur, pada Minggu malam, 18 Desember 2016.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Sebelum disemayamkan, jenazah dibersihkan terlebih dahulu oleh tim kesehatan dari Kepolisian. Setelah dibersihkan, pihak Lanud langsung melakukan upacara militer.

Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal Agus Supriatna mengatakan, bahwa jenazah dibawa ke Skuadron 32 untuk disemayamkan terlebih dahulu. Setelah itu diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan.

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

"Kita sudah berbicara dengan keluarga. Jadi, ada yang ke Maospati, Magelang (Jawa Tengah), kita makamkan di sana. Ada yang ke Surabaya. Begitu juga yang ke Banjarmasin, juga akan kita terbangkan ke Banjarmasin. Sesuai dengan keinginan dari keluarga. Sedangkan yang mau di TMP (Taman Makam Pahlawan), ya, kita makamkan di TMP," kata Agus.

Seluruh penyerahan jenazah dan prosesi pemakaman, kata Agus, sudah dikoordinasikam dengan keluarga masing-masing. Dia juga menyampaikan bela sungkawa dari Presiden Joko Widodo untuk keluarga korban.

Terpopuler: Bobby Nasution Tutup Klub Malam, TNI Tangkap Anggota KKB hingga Viral Pelaku Terorisme

"Saya ucapkan bela sungkawa, dan kebetulan tadi sebelum saya berangkat juga Bapak Presiden mengucapkan bela sungkawa yang sebesar-besarnya atas wafatnya para prajurit yang melaksanakan misi penerbangan," ujarnya menambahkan.

Setelah proses persemayaman, upacara penyerahan jenazah akan dilakukan. Untuk yang akan dimakamkan di kampung halaman, penyerahan dilakukan TNI AU. Sedangkan bagi yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, diserahkan keluarga kepada TNI AU.

"Penyerahan dari keluarga kepada TNI untuk yang dimakamkan di TMP, itu pihak keluarga yang menyerahkan. Sedangkan kalau keluarga yang mau membawa ke TPU (Tempat Pemakaman Umum), TNI yang akan menyerahan ke keluarga masing-masing," katanya.

Menurut Kepala Penerangan Lanud Abdul Rahman Saleh, Mayor Hamdi Londong Allo, TNI telah melakukan gladi bersih sejak Minggu sore. Dari 12 jenazah yang dibawa ke Malang, satu jenazah akan diterbangkan lagi ke Biak. 

"Kami menuruti permintaan keluarga korban yang meminta supaya jenazah dikembalikan ke tempat asalnya," kata Londong.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya