Lewat Blog, Bahrun Naim Ungkap Alasan Tinggalkan Telegram

Tampilan halaman blog milik Bahrun Naim bisa diakses publik, Jumat (16/12/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/www.bahrunnaim.space

VIVA.co.id – Bahrun Naim, pria yang disebut polisi menjadi dalang berbagai aksi terorisme di Indonesia, menampakkan diri di dunia maya dengan blog pribadi yang beralamat di www.bahrunnaim.space.

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Lewat blog baru yang dia buat Januari 2016 ini, dia memasukkan beragam tulisan mengenai pembuatan bom, radikalisme, termasuk perkembangan teknikologi maya.

Dalam salah satu tulisan berjudul "Menggunakan Telegram Dengan Aman", Bahrun memberikan tips mengenai cara agar komunikasi via aplikasi Telegram tak terlacak pihak lain.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

Di tulisan itu, dia pun mengakui, bahwa aplikasi ini pernah menjadi salah satu media komunikasi jaringan teroris. Namun, karena keamanannya sudah tak terjamin, kelompoknya sudah meninggalkan teknologi itu.

"Penggunaan aplikasi telegram yang sebenarnya sudah tidak menjadi standard komunikasi kami lagi," bunyi penggalan kalimat di situs yang diakses VIVA.co.id, Jumat, 16 Desember 2016.

IDI Sukoharjo Minta Kasus Sunardi Tak Dikaitan dengan Profesi Dokter

Menurutnya, ada dua alasan jaringannya tak lagi menggunakan Telegram.  Pertama, aplikasi itu menggunakan data komunikasi plain text. Sehingga jika terdapat exploit atau kode yang menyerang keamanan dari handphone, semua data percakapan bisa langsung terbaca.

Selain itu, mereka meragukan keamanan aplikasi ini sehingga ada rekomendasi untuk meninggalkan komunikasi via aplikasi itu.

Dalam situs ini, administrator blog juga mencantumkan @bahrunnaim_bot, sebagai alamat untuk berkomunikasi via Telegram.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya