Pendaki Malaysia Hipotermia di Gunung Leuser

Aktivitas mendaki gunung.
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

VIVA.co.id – Seorang pendaki gunung asal Malaysia dilaporkan mengalami hipotermia atau penurunan suhu tubuh secara drastis, saat mendaki Gunung Leuser.

Partai Aceh Usung Mantan Panglima GAM Jadi Calon Gubernur di Pilkada 2024

Dalam keterangan yang dituliskan di laman resmi Badan SAR Nasional, informasi serangan hipotermia itu dialami oleh Ahmad Nazit, warga negara Malaysia yang sedang mendaki Leuser bersama 12 pendaki Malaysia dan sembilan porter (pengangkut barang) asal Indonesia.

"Tim tersebut naik dari Keudah Gayo Lues menuju puncak Leuser. Informasi tersebut (hipotermia) diterima Kantor SAR Banda Aceh, Sabtu (10/12/2016) pukul 21.27 WIB," tulis Basarnas seperti dikutip Rabu, 14 Desember 2016.

Nasib 11 Pedagang Miras di Aceh yang Nekat Berjualan saat Ramadhan, Ini Ancaman Hukumannya

Laporan itu pun ditindaklanjuti dengan memberangkatkan tim penyelamat ke Pos SAR Kutacane menuju Blang Kejeren Kabupaten Gayo Lues. Tim pun tiba pada Minggu pagi, 12 Desember. Namun karena kondisi lokasi yang tidak efektif untuk proses evakuasi, maka disepakati agar tim bersama korban membawa turun pendaki ke posko terjangkau yang bisa diakses tim penyelamat.

"Waktu tempuh pendakian dari Posko Pintu Keudah (tim penyelamat) ke lokasi Bivak Kaleng (korban hipotermia) kurang lebih enam hari perjalanan. Cuaca juga tidak mendukung," tulis laporan Basarnas.

Biadab! Pasutri di Banda Aceh Tega Paksa 2 Anaknya Mengemis, Hasilnya untuk Beli Sabu

Karena itu, dijadwalkan proses penjemputan korban baru bisa dilakukan pada Rabu, 14 Desember 2016. Sembari menunggu tim yang membawa korban berjalan.

Pengungsi Rohingya di Gedung Balee Meuseuraya Aceh. VIVA/Dani Randi

Pengungsi Rohingya Tetap Dibantu tapi RI Perhatikan Kepentingan Nasional, Menurut Kemenkumham

Kemenkumham Aceh menegaskan penanganan pengungsi etnis Rohingya di sejumlah tempat di provinsi Aceh tersebut harus tetap memperhatikan kepentingan nasional.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024