Risma Ingin Mural Jadi Identitas Kawasan di Surabaya

Tri Rismaharini (kanan)
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Januar Adi Sagita

VIVA.co.id – Belakangan, semakin banyak lukisan mural yang menghiasi Kota Surabaya. Mulai dari kawasan tengah kota, hingga kawasan pinggiran, dan pesisir seperti di Taman Hiburan Pantai Kenjeran.

Lukisan mural saat ini, memang sedang digemari di Surabaya. Bahkan, Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, atau Risma ikut menyalurkan kemampuannya dalam melukis mural di kawasan Taman Hiburan Pantai Kenjeran, Minggu 11 Desember 2016.

Menurutnya, lukisan mural dapat mempercantik sebuah kawasan. Karena itu, dia pun sangat menyukai berbagai macam lukisan mural.

“Saya sengaja melukis mural di sini, bersama 50 seniman lainnya. Tujuannya, supaya mereka bisa menyalurkan hobinya, dan kawasan itu juga semakin cantik,” kata Risma, di Surabaya, Minggu 11 Desember 2016.

Meski demikian, Risma menganggap, mural sebenarnya juga memiliki fungsi lainnya. Fungsi itu adalah sebagai penunjuk identitas di sebuah kawasan.

Karena itu, rencananya Risma akan meminta kegiatan serupa juga diadakan di sejumlah lokasi yang ada di Surabaya. Di antaranya, Kebun Binatang Surabaya (KBS), Monumen Kapal Selam (Monkasel), serta terakhir di kawasan PutatJaya, atau eks lokalisasi Dolly.

“Tetapi, nanti di kampung-kampung lainnya juga ada, dan dengan tema yang berbeda-beda. Tujuannya, supaya orang itu tahu dia sedang berada di kawasan mana hanya dengan melihat mural itu,” ujar Risma. (asp)

Empat Menteri Jokowi Sudah Hadir di Gedung MK, Siap jadi Saksi Sidang Sengketa Hasil Pilpres
Hakim MK Saldi Isra di Sidang Perselisihan Hasil Pilpres

Hakim Saldi Isra: Keterangan 4 Menteri Jokowi Bisa Bantu MK Putuskan Sengketa Pilpres

Hakim Mahkamah Konstitusi, Saldi Isra menilai keterangan empat menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sidang perselisihan hasil pemilihan umum atau Pilpres.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024