Gempa Bumi Susulan Kembali Hentak Aceh

Mencari sisa dagangan di Pasar Meureudu
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Sekitar pukul 23.45 WIB, Sabtu 10 Desember 2016, Kabupaten Pidie Jaya kembali diguncang gempa susulan. Gempa susulan kali ini sempat menyebabkan warga berhamburan ke jalan raya.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Pantauan VIVA.co.id, di salah satu posko di Pidie Jaya, warga dan awak media yang berada di posko tersebut berlarian berusaha menjauhi bangunan. Gempa tersebut mengejutkan warga Pidie.

"Gempanya memang tidak goyang seperti biasa, tapi sekali hentakan gitu. Kami panik ditambah lagi bunyi-bunyi atap bangunan ini," ujar Rahmad, salah seorang pewarta foto kepada VIVA.co.id.

Curi Ikan di Perairan Aceh, Kapal Berbendera India Ditangkap

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait kekuatan gempa susulan termutakhir. Namun sebelumnya, pihak BMKG menyatakan apabila gempa di Kabupaten Pidie akan terus menurun intensitasnya dan akan berlangsung tak melebihi waktu sepekan.

Pada awal pekan, gempa terjadi di Pidie Jaya Aceh dengan kekuatan 6,5 Skala Richter yang menyebabkan lebih dari 100 orang meninggal dunia dan ratusan orang luka-luka. Ribuan warga Pidie Jaya kini berada di lokasi pengungsian.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6
Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023