Panik Gempa, Pria Ini Nyaris Tanpa Busana Keluar Rumah

Keadaan Para Pengungsi Pasca Gempa Pidie
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA.co.id – Gempa berkekuatan 6,5 skala richter yang mengguncang Pidie Jaya, Aceh, Rabu, 7 Desember 2016, masih membuat warga setempat trauma hingga saat ini. 

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Salah satunya yaitu Zulfahmi (26). Warga Dayah Kleng ini sampai sekarang masih khawatir terjadi gempa susulan. Saat Jumat, 9 Desember 2016 sore misalnya. Ketika itu, gempa susulan berkekuatan 5 skala richter (SR) kembali mengguncang. 

Zulfahmi yang sedang mandi langsung keluar rumah. Dia hanya menutupi badan dengan lilitan handuk. Ia takut bangunan yang ada di sekelilingnya roboh.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

"Saya takut ada (gempa) lagi. Seperti kemarin sore, ada gempa susulan, saya sedang mandi tiba-tiba terasa bergetar, saya langsung ambil handuk dan keluar," kata Zulfahmi saat ditemui di posko pengungsian Pidie Jaya, Aceh, Sabtu, 10 Desember 2016.

Walau ia merasakan gempa tak sampai lima detik, namun saat itu jantungnya berdetak sangat kencang. Sekujur tubuhnya terasa lemas. Ketika mengetahui kejadian tersebut tak berdampak parah, ia pun  kembali melanjutkan mandinya.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Sampai saat ini, ia mengaku masih terus dihantui rasa takut terhadap gempa. Ia khawatir terjadi tsunami seperti 2004 silam.  "Kalau saya ingat getarannya lebih terasa yang hari Rabu kemarin daripada yang tsunami dahulu makanya saya takut sekali," ujarnya.

"Saya berharap mudah-mudahan tidak terjadi lagi gempa atau tsunami di Aceh,"  dia menambahkan.
 

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023