Usai Gempa Aceh, Desa Ini Belum Tersentuh Layanan Kesehatan

Suasana Desa Peulandok Tunong, Pidie Jaya, Aceh, Sabtu, 10 Desember 2016.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Warga Desa Peulandok Tunong, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh masih kekurangan bantuan, usai gempa 6,5 skala richter yang mengguncang kabupaten itu, Rabu lalu. Bantuan yang belum ada di antaranya layanan kesehatan dan air bersih.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Kepala Desa Peulandok Tunong Sulaiman mengatakan, wilayahnya belum banyak mendapatkan bantuan. Saat ini, bantuan berupa makanan pokok untuk posko tersebut hanya akan datang bila dijemput ke lokasi pengungsian di pusat kota, seperti di Meurahdua.

"Belum (masuk bantuan), cuma ada (dari) yang kami kenal, saya harus ke posko di sana (Meuredeu) dulu jemput bantuan. Saya bisa  saja telepon, kadang datang bawa beras sedikit. Kalau datang yang banyak belum ada," kata Sulaiman kepada VIVA.co.id, di posko pengungsian Peulandok Tunong, Sabtu, 10 Desember 2016

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Sulaiman mengatakan, saat ini para warga swadaya membuat dapur umum. Pada posko dan dapur tersebut disiapkan makanan untuk mencukupi sebanyak 489 jiwa yang berada di kecamatan tersebut.

Pada posko tersebut, Sulaiman mengatakan, masih banyak kekurangan, salah satunya tidak ada layanan kesehatan yang masuk. Beberapa kekurangan lainnya yang kerap menjadi masalah yaitu air bersih.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

"Air bersih di sini sulit karena sumur warga tertimpa reruntuhan, tak bisa digunakan. Kami harapkan bantuan pemerintah segera sampai ke sini," ujarnya.

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023