Jalur Nagreg Longsor, Akses Menuju Jawa Tengah Tertutup

Mobil terkena longsoran di jalur Nagreg
Sumber :
  • Twitter/@RTMC_PoldaJabar

VIVA.co.id – Tebing di jalan Nagreg Kabupaten Bandung longsor pada Jumat malam 9 Desember 2016. Akibatnya longsoran menutup jalan utama jalur selatan menuju Jawa Tengah. Material longsoran berupa batu dan tanah menimpa sebuah mobil yang ditumpangi satu keluarga. Rombongan mobil itu hendak mudik ke Solo namun tertimpa longsoran tebing di jalan turunan warung kopi, Nagreg pukul 17.30 WIB.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Longsoran sempat menyeret mobil ke sisi jurang. Beruntung semua selamat. Rombongan ini mendapat pertolongan warga sekitar yang mengevakuasi penumpang mobil melalui kaca mobil.

Akibat kejadian ini arus lalu lintas macet hingga enam kilometer. Kendaraan menuju Garut dan Tasikmalaya dialihkan ke jalan lingkar Nagreg.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung hingga malam ini masih membersihkan material longsor. Pembersihan dilakukan secara manual untuk kembali membuka jalur yang merupakan akses utama lintas selatan penghubung Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Kepolisian menutup jalan Nagreg, kendaraan yang menuju Jawa Tengah dialihkan melewati lingkar Nagreg dan diberlakukan sistem buka tutup.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Akibat longsor dan pengalihan arus, kemacetan mencapai  6 kilometer. Penumpukan kendaraan juga disebabkan banyaknya kendaraan yang mudik di libur panjang akhir pekan. Hingga malam ini, petugas masih membersihkan material longsoran tebing.

Laporan: tvOne/John Hendra/Bandung-Jawa Barat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya