Eks Wakil Ketua Komisi II DPR Klaim Tak Tahu Korupsi e-KTP

Khatibul Umam Wiranu
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Khatibul Umam mengklaim tidak tahu apa-apa soal korupsi pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Dia berdalih, Komisi II ketika itu hanya mengesahkan anggaran yang diusulkan Kementerian Dalam Negeri. 

Komisi II Curiga, 805 Ribu E-KTP Invalid Tak Dimusnahkan

Politikus Partai Demokrat itu bahkan mengaku tidak tahu adanya rekomendasi KPK dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/jasa Pemerintah (LKPP) untuk menghentikan lelang proyek e-KTP lantaran adanya berbagai persoalan. Komisi II, kata Khatibul Umam, percaya pada setiap laporan Kemendagri mengenai proses pelaksanaan proyek e-KTP.

"Kurang tahu kalau sampai seperti itu (rekomendasi LKPP dan KPK). Karena di depan kami Pak Mendagri mengatakan semua sudah memenuhi syarat, bahkan sudah konsultasi dengan lembaga yang memberikan adjustment proyek ini jalan terus atau tidak. Setahu saya, itu penjelasan Mendagri seperti itu," kata Khatibul usai diperiksa penyidik sebagai saksi untuk tersangka Sugiharto di KPK, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat 9 Desember 2016. 

E-KTP Tercecer, Polisi: Kemendagri Teledor Pilih Ekspedisi

Khatibul mengungkapkan, setiap laporan Kemendagri tidak pernah diperiksa ulang Komisi II. Termasuk soal adanya dugaan penggelembungan dalam penganggaran proyek e-KTP. Padahal, Komisi II merupakan mitra Kemendagri yang harusnya mengawasi penggunaan anggaran ketika sudah mengesahkan.

"Kalau yang tahu anggaran itu bengkak atau tidak itu kan Kemendagri. Ya sampai tahun 2011, semua proses yang diperiksa Komisi II pada Kementerian tidak ada masalah," ujarnya.

E-KTP Tercecer, Polri: Tak Ada Perbuatan Melawan Hukum

Selama menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II, Khatibul mengklaim tak tahu menahu mengenai adanya lobi-lobi yang dilakukan sejumlah perusahaan peserta lelang kepada DPR. Termasuk adanya aliran dana dan pertemuan tertutup untuk mengatur lelang proyek e-KTP.

"Menyangkut hal-hal yang ditanyakan itu tidak ada. Paling tidak saya tidak pernah mengetahui atau merasakan ada atensi dari pengusaha," ujarnya

Ilustrasi e-KTP

Saksi-saksi Penting Kasus E-KTP Tercecer Bicara di ILC tvOne

Juri, sang sopir tidak tahu kalau barang yang dia bawa berisi e-KTP.

img_title
VIVA.co.id
29 Mei 2018