Kata BMKG Soal Pidie Jaya Kembali Diguncang Gempa 5 SR

Kondisi kerusakan akibat gempa 6,5 SR di Kabupaten Pidie Jaya Aceh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA.co.id – Gempa kembali menguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, Jumat sore, 9 Desember 2016. Gempa berkekuatan 5,0 SR.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Terkait munculnya gempa susulan, Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika menegaskan, gempa itu tidak akan melebihi gempa Rabu, 7 Desember yang berkekuatan 6,5 SR.

Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan gempa susulan yang terjadi di Pidie Jaya tidak akan mencapai skala 6,5 SR. "Tak akan mencapai 6,5 atau melebihi," Daryono saat konfirmasi.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Daryono menjelaskan, gempa susulan akan terus menurun kekuatan getarannya. Tren menurun gempa susulan bersifat turun naik. "Tren menurun yang dimaksud itu fluktuatif. Bukan lurus (turun terus)," kata dia.

Berdasarkan informasi resmi yang dikeluarkan BMKG, gempa susulan tersebut terjadi pukul 16.49.04 WIB, Jumat, 9 Desember 2016. Pusat gempa tersebut berjarak sekitar 32 kilometer barat laut Kabupaten Pidie Jaya. Berada di kedalaman 10 kilometer.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Sebelumnya, Pidie Jaya diguncang gempa bumi sekitar pukul 05.00 WIB, Rabu, 7 Desember 2016. Gempa berkekuatan 6,5 SR ini merobohkan berbagai bangunan, termasuk rumah, masjid, dan sekolah. Selain itu, gempa tersebut juga menimbulkan korban jiwa hingga mencapai 100 orang. (ase)

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023