Pekan Depan KPK Periksa Setya Novanto

Ketua DPR Setya Novanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalisotussurur

VIVA.co.id – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto pada Selasa, 13 Desember 2016. Setya sedianya akan diperiksa terkait kasus dugaan korupsi pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Struktur KPK Gemuk, Dewas Sudah Ingatkan Firli Bahuri Cs

"Ya kami baru dapat informasi. KPK sudah mengirimkan surat panggilan untuk Setya Novanto, Ketua DPR RI, terkait kasus e-KTP," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui pesan singkat, Jumat, 9 Desember 2016.

Dijelaskan Febri, Setya akan dimintai klarifikasi sejumlah hal mengenai korupsi proyek senilai Rp2,3 triliun itu. Namun ia mengaku belum mengetahui rincian pemeriksaan nantinya.

KPK Tetapkan 3 Tersangka Baru Kasus Korupsi Dirgantara Indonesia

"Penyidik akan mengklarifikasi sejumlah informasi untuk memperdalam penyidikan kasus tersebut," kata Febri.

Sebelumnya Setya Novanto disebut-sebut sebagai salah satu penerima uang korupsi e-KTP oleh mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, yang menjadi terdakwa sejumlah kasus korupsi.

Anggaran Miliaran KPK untuk Mobil Dinas, Ini yang Bisa Dipilih

Dalam proyek senilai Rp5,3 triliun ini, KPK baru menjerat dua orang tersangka. Mereka adalah Pejabat Pembuat Komitmen Proyek e-KTP, Sugiharto dan mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Irman. Namun Ketua KPK Agus Rahardjo berkali-kali menegaskan pihaknya tak akan berhenti di kedua tersangka itu karena jumlah korupsi yang sangat besar. (ase)

Wakil Ketua KPK Alexander Mawarta.

Bantah Isu Taliban, Pimpinan KPK: Adanya Militan Pemberantas Korupsi

Isu Taliban dinilai sengaja dihembuskan untuk menyerang citra KPK. Isu lama yang berulang kali dimainkan.

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2021