Tim SAR Fokuskan Pencarian Korban Gempa Aceh di 5 Titik

Gempa Aceh yang Menyisakan Kepiluan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA.co.id – Tim SAR gabungan akan memfokuskan pencarian korban gempa bumi di Aceh pada 5 titik di Kabupaten Pidie Jaya. Kelima titik itu adalah di Leung Putu, Mereudu, Uleeglee, Trenggading, dan Darul Ulu.

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

Tim SAR gabungan yang dipimpin Basarnas ini menerjunkan 484 personel. Target utama pencarian adalah di sekitar reruntuhan pasar dan ruko di Mereudu.

"Upaya pencarian kami berakhir setelah tidak ada lagi laporan warga yang hilang dari masyakarat," ujar Barokna, Koordinator Komunikasi Basarnas, melalui siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 9 Desember 2016.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Pada pencarian korban di antara reruntuhan gedung, Basarnas akan menggunakan alat berteknologi canggih seperti life locator, life detector, search cam, dan Pal CSSR. Selain itu, hari ini, Jakarta Rescue menerjunkan dua anjing pelacak untuk membantu upaya pencarian di Mereudu.

Menurutnya, dalam operasi pencarian ini, tantangan tim SAR adalah reruntuhan berjenis pancake, biasanya pada bangunan bertingkat. 

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Hingga hari ini, Pos Komando Utama yang berlokasi di Pidie Jaya menyebutkan total korban jiwa meninggal dunia adalah 100 orang, dan sudah berhasil diidentifikasi 92 orang yaitu di Pidie Jaya 88 jiwa, Bireuen 2, dan Pidie 2.

Sedangkan korban luka berjumlah 589 jiwa, dengan rincian luka berat 127 jiwa dan luka ringan 462. 

Sebelumnya dilaporkan 102 orang meninggal, tapi setelah verifikasi dalam rapat koordinasi, ternyata ada pelaporan korban dengan 2 nama berbeda pada seseorang korban sehingga terdata dua kali.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya