Takbir Berkumandang Saat Gempa Susulan Guncang Aceh

Suasana salat Jumat saat gempa susulan guncang Pidie Jaya
Sumber :
  • VIVA.co.id / Anwar Sadat

VIVA.co.id – Gempa susulan 3,9 SR kembali mengguncang Pidie Jaya, Aceh, Jumat 9 Desember 2016. Gempa tersebut terjadi saat para umat muslim sedang melangsungkan salat Jumat. Gempa dirasakan di sekitaran Masjid Quba Pangwa yang kini sudah hancur lantaran gempa berkekuatan 6.5 skala richter pada Rabu 7 Desember 2016 lalu.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Saat gempa susulan itu terjadi, muazin baru saja selesai mengumandangkan Adzan pertama. Kemudian muazin mengumandangkan kalimat 'Laa Ilaa Ha Illallah' terjadilah getaran yang cukup membuat jamaah kaget.

Saat itu, jamaah secara bergemuruh meneriakan kalimat Laa Ilaa Ha Illallah. Gempa susulan sempat beberapa kali terjadi dengan getaran yang tidak terlalu besar. "Allahu Akbar" gemuruh para jamaah setelah gempa susulan tersebut terjadi.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Getaran-getaran kecil juga sempat beberapa kali dirasakan. Namun meski begitu, saat ini salat Jumat di Masjid Quba Pangwa masih terus berlanjut.

Sebelumnya, Kepala bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, mengatakan, gempa susulan tidak akan berlangsung  sampai satu minggu, gempa susulan yang biasanya terjadi, akan hilang.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

"Tidak sampai satu minggu akan habis," kata Kepala bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono saat dikonfirmasi.

(mus)

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023