BMKG Minta Warga Pidie Jaya Tak Percaya Hoax Soal Gempa

Korban gempa Pidie Jaya, Aceh
Sumber :
  • Twitter @Sutopo_BNPB

VIVA.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika mengimbau warga Pidie Jaya, Aceh, agar tidak termakan kabar bohong atau hoax soal gempa bumi selain informasi dari pihak terkait.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

"Jangan percaya dengan isu tidak bertanggung jawab, masyarakat diminta tetap tenang dan tidak percaya," kata Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Dr Daryono saat dikonfirmasi, Jumat, 9 Desember 2016.

Apabila ada informasi di luar pihak terkait yang menyebut gempa susulan akan berkekuatan lebih dari 6,5 skala richter (SR), Daryono meminta warga untuk tidak percaya karena info tersebut dipastikan hoax. Sebab, gempa susulan yang terjadi getarannya justru akan lebih kecil dari 6,5 SR, sampai akhirnya tidak ada lagi gempa.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

"Jangan panik, jangan takut, karena kecil (getarannya) akan terus meluncur sampai akhirnya hilang," katanya.

Gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang Pidie Jaya, Aceh, Rabu, 7 Desember 2016. Akibatnya, sekitar 100 orang meninggal, 136 luka berat, 116 korban luka ringan dan satu orang hilang.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa juga menghacurkan bangunan. Di antaranya 429 rumah, 234 rumah toko dan 18 masjid, 4 sekolah, dan satu bangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pidie Jaya roboh. (ase)
 

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023