Tsunami Kecil Muncul Usai Solomon Dihantam Gempa 7,8 SR

Bencana gempa di Kepulauan Solomon
Sumber :
  • VIVA.co.id/BMKG dok

VIVA.co.id – Gempa tektonik berkekuatan 7,8 skala richter mengguncang Kepulauan Solomon, Jumat, 9 Desember 2016, sekira pukul 00.38 WIB. Gempa ini berpusat di kedalaman 36 kilometer laut.

BMKG Sebut Erupsi Gunung Ruang di Sulut Berpotensi Tsunami: Ada Catatan Sejarahnya

Mengutip dari keterangan pers Badan Metereologi, Klimetologi dan Geofisika (BMKG), dilaporkan dari Pacific Tsunami Warning Center (PTWC), gempa itu sempat menimbulkan tsunami regional di sekitar pusat gempa bumi yakni di Honiara Kepulauan Solomon dengan ketinggian gelombang 0,12 meter.

Gunung Ruang Erupsi, Pemkab Sitaro Tetapkan Tanggap Darurat Selama 14 Hari

Menurut Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, munculnya gempa itu disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Australia ke bawah Lempeng Pasifik di bawah Kepulauan Salomon.

Badan Geologi: Potensi Tsunami Akibat Gunung Ruang Bisa Setinggi 25 Meter

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu penyesaran naik (thrust fault). Peta shake map yang menggambarkan guncangan gempa bumi di permukaan menunjukkan bahwa guncangan kuat terjadi pada intensitas III-IV SIG BMKG atau VI-VII MMI di seluruh wilayah Pulau San Kristobal, Kepulauan Salomon.

"Dampak gempa bumi ini diperkirakan dapat menimbulkan kerusakan ringan hingga sedang," ujarnya.

Sejauh ini, dari hasil analisis BMKG, gempa bumi dan gelombang tsunami itu tidak akan berdampak hingga wilayah Indonesia.

"Kepada warga masyarakat pesisir di wilayah Indonesia diimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu yg tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujar Daryono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya