Ada Gempa Susulan, Warga Pidie Jaya Memilih Tidur di Jalan

Warga mengamati bangunan yang rusak akibat gempa di Aceh, Rabu, 7 Desember 2016.
Sumber :
  • REUTERS/Nunu Husien

VIVA.co.id – Warga Pidie Jaya kembali merasakan gempa susulan, Jumat, 9 Desember 2016, sekitar pukul 02.30 WIB. Gempa susulan tersebut membuat mereka khawatir sehingga memilih tidur di jalan.  

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Yanti, warga Gampong Musa, Pidie Jaya, misalnya, memilih tidur di jalan agar aman dari reruntuhan bangunan.  "Takut dengan gempa susulan.  Masih ada gempa maka tidur jalan," kata Yanti,  Jumat, 9 Desember 2016.

Sejumlah warga memanfaatkan jalan desa atau gampong untuk beristirahat malam. Sebagian warga mengungsi di masjid atau posko pengungsian.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Selain itu, para pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Pidie Jaya juga khawatir berada dalam ruangan. Sebagian pasien memilih untuk dirawat di lorong-lorong rumah sakit.

Seperti dikutip dari laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, gempa yang mengguncang Pidie Jaya, Jumat, 9 Desember 2016, sekitar pukul 02.26 WIB berkekuatan 4,2 skala richter (SR). 

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Pusat gempa berada di darat 16 kilometer Tenggara Meureudu-Pidie Jaya. Gempa berpusat di kedalaman 10 kilometer.
 

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023