Tiba di Aceh, Jokowi Kunjungi Korban Gempa di Rumah Sakit

Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek menjenguk korban gempa
Sumber :
  • Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Negara

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh, dengan menggunakan pesawat kepresidenan, Kamis, 8 Desember 2016. Presiden langsung mengunjungi korban musibah gempa di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh. 

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Tiba di rumah sakit itu, Kamis, 8 Desember 2016 malam, Jokowi disambut langsung oleh Direktur RSU Zainal Abidin, dr. Fakhrul Jamal. Di rumah sakit tersebut Jokowi menemui 12 korban yang telah dievakuasi ke RSUZA, akibat tertimpa reruntuhan bangunan saat gempa, Rabu pagi silam.

Jumat pagi ini, Presiden didampingi sejumlah menteri dan rombongan lainnya, dijadwalkan akan mengunjungi langsung lokasi bencana gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya dan Kabupaten Bireuen. Jokowi dijadwalkan akan berada di Aceh hingga siang hari sebelum kembali lagi ke Jakarta.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Jokowi akan berangkat ke Pidie Jaya dari Banda Aceh sekitar pukul 8.00 WIB. Untuk menuju lokasi gempa, Jokowi akan terbang menggunakan helikopter jenis SP. 

Setiba di Pidie Jaya, Presiden langsung menuju Kantor Bupati Pidie Jaya untuk mendengarkan laporan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Selanjutnya Presiden meninjau rumah sakit lapangan TNI. Kemudian Jokowi menuju lokasi pengungsian di Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, mengunjungi masjid yang roboh dan meninjau Pesantren Mudi Mesra.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Setelah itu, Jokowi dijadwalkan kembali ke Banda Aceh dan melaksanakan salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Usai makan siang, Jokowi beserta rombongan dikabarkan akan bertolak kembali ke Istana Negara menggunakan pesawat kepresidenan.

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023