Survei: Pemilih Prabowo-Hatta Paling Banyak Dukung Aksi 411

Aksi 4 November yang digelar di sekitar Bundaran Bank Indonesia, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) baru-baru ini menyoroti tentang Aksi Bela Islam jilid II yang terjadi pada 4 November 2016.

Turun Gunung Ikut Demo Kecam Israel, Baasyir: Pemerintah RI Tak Boleh Lemah Hadapi Yahudi

Temuan menunjukkan pemilih Prabowo Subianto-Hatta Radjasa saat Pemilihan Presiden 2014 adalah yang paling banyak mendukung aksi itu.

Diketahui sebanyak 90 persen responden pemilih Prabowo-Hatta mengetahui adanya aksi demo itu. Dari situ, sebanyak 54 persen responden mendukung aksi, 11 persen menentang, 32 persen netral, dan empat persen tidak menjawab.

Pentolan Mega-Bintang Pimpin Demo People Power di Solo Besok

"Pemilu 2014 masih membuat masyarakat terbelah," kata Direktur SMRC Saiful Mudjani di Jakarta Pusat, Kamis 8 Desember 2016.

Kemudian dari para pemilih Joko Widodo-Jusuf Kalla, sebanyak 74 persen tahu adanya aksi demo itu. Dari situ sebanyak 35 persen responden mendukung aksi demo, 20 persen menentang, 43 persen netral, dan 2 persen tidak menjawab.

Massa Batal Demo Ponpes Al Zaytun Jika Panji Gumilang Ditahan

"Karena basis massa untuk demo itu cukup berhimpitan dengan sisa persaingan 2014, maka demo tersebut merupakan mobilisasi pihak-pihak yang kecewa dari hasil persaingan 2014 itu," ujar Saiful.

Diketahui, populasi survei adalah seluruh warga Indonesia yang berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah. Dari situ secara random dipilih sebanyak 1.220 responden. Sementara itu, margin of error plus minus 3,1 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Dan waktu wawancara lapangan adalah pada 22-28 November 2016.

Ibu Kades Wiwin Komalasari

Viral Gegara Gaya Glamornya saat Demo, Ibu Kades Wiwin Terpantau Punya Tas Branded 1 Lemari

Banyak netizen yang salah fokus melihat aksi ibu Kades bernama Wiwin Komalasari menggunakan kacamata mewah Louis Vuitton yang ia kenakan saat ikut demo di Senayan Jakarta

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2024