Kapolri Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Aceh

Barisan aparat polisi dari Polda Sumatera Utara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putra Nasution

VIVA.co.id - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Tito Karnavian, mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Kabupaten Pidie Jaya dan sejumah daerah di Aceh.

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Bantuan itu disalurkan lewat Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut). Bantuan dikirim melalui darat dengan diangkut truk dinas Polda Sumut.

"Kami dipercaya untuk menyalurkan bantuan dari Kapolri untuk warga yang terkena musibah bencana alam gempa bumi di Aceh," kata Kepala Polda Sumut, Inspektur Jenderal Polisi Rycko Amelza Dahniel, kepada wartawan di Medan pada Kamis, 8 Desember 2016.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Kapolri Kirim Bantuan lewat Polda Sumut untuk Korban Gempa

Pelepasan bantuan kemanusiaan dari Kepala Polri melalui Polda Sumatera Utara untuk disalurkan kepada korban gempa bumi di Aceh pada Kamis, 8 Desember 2016. (VIVA.co.id/Putra Nasution)

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Bantuan dari Kepala Polri, kata Rycko, berupa 1.200 dus mi instan, 1.000 dus air mineal, 1.000 kaleng biskuit, 1.500 susu cair, dan lima ton gula. Semua dikirim bersama 221 personel Polda Sumut yang diperbantukan untuk tanggap darurat pascagempa di Pidie Jaya, Pidie, dan Bireun. 

Tugas kemanusiaan dan pilkada

Seluruh personel Polda Sumut yang dikirim ke Aceh terdiri 200 personel Brimob (Brigade Mobile), lima personel Direktorat Shabara (Samapta Bhayangkara), dan 16 personel medis dari Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes).

"Hari ini, Sat Brimob Tim SAR Ditsabhara dan tim Biddokkes Polda Sumut mendapat kepercayaan tugas dalam aksi kemanusiaan guna membantu dan menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat terkait bencana alam tersebut," kata Rycko saat apel pelepasan 221 personel di Markas Komando Polda Sumut.

Dia menekankan agar prajuritnya dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas, menampilkan perilaku sopan dan humanis serta bertanggung jawab. "Setelah pelaksanaan tugas kemanusiaan, khusus bagi personel Sat Brimob akan melanjutkan tugas pengamanan pilkada serentak di Provinsi Aceh dalam Operasi Mantap Praja Rencong 2017," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya