Bantu Korban Gempa Aceh, TNI AU Tambah Personel

Gempa Aceh.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA.co.id – TNI Angkatan Udara kembali memberangkatkan personel untuk melakukan aksi kemanusiaan di Kabupaten Pidie Jaya, Provinisi Aceh, yang diguncang gempa dengan kekuatan 6,5 Skala Richter pada Rabu, 7 Desember 2016. 

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Kepala Penerangan Lanud Halim Perdanakusuma, Mayor Dodo Agusprio mengatakan, sampai saat ini sudah sebanyak 287 personel TNI AU yang diberangkatkan ke Aceh. Selain tenaga medis, personel yang diberangkatkan juga akan membantu proses evakuasi korban yang tertimbun reruntuhan bangunan.

"Paskhas AU kemarin berangkat 220 personel, sekarang  67 personel berangkat," kata Dodo di Halim, Kamis 8 Desember 2016.
Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya
 
Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, saat ini di Lanud Halim Perdanakusuma, sudah bersiap puluhan personel Paskhas TNI AU berseragam lengkap yang menunggu keberangkatan. Para prajurit ini diangkut menggunakan pesawat hercules.
Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6
 
Sebelumnya terlihat personel melakukan persiapan dan mengangkut alat-alat seperti gergaji mesin, tambang, perlengkapan medis dan alat-alat SAR (Search And Rescue) lainnya untuk pelaksanaan operasi kemanusiaan ini.
 
Selain mengangkut perlengkapan dan para personel Paskhas, TNI AU juga memfasilitasi para jurnalis yang akan berangkat ke Aceh. Sejauh ini daftar jurnalis yang sudah diregistrasi dan akan diberangkatkan sudah ada sebanyak 11 orang.
 
"Selain itu, ada juga dari anggota BNPB, rencananya juga akan berangkat siang ini.”
 
(mus)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya