Usai Gempa Aceh, Warga Masih Khawatir Pulang ke Rumah

Bangunan di Pidie Jaya, Provinsi Aceh roboh diguncang gempa 6,5 SR.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA.co.id – Sejumlah warga Pidie Jaya masih takut pulang ke rumah masing-masing usai gempa berkekuatan 6,5 skala Richter (SR) yang mengguncang daerah itu pada Selasa 7 Desember 2016. "Masyarakat takut pulang dan tinggal di masjid," ujar Amir, petugas Dinas Kesehatan Pidie Jaya, dalam wawancara dengan tvOne, Kamis, 8 Desember 2016.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Menurut Amir, ada juga di antara masyarakat yang tinggal ke rumah keluarga mereka yang tidak terkena gempa.

Saat ini, kata Amir, posko-posko bantuan telah didirikan, namun belum sempurna. Para aparat juga terus membantu para korban.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Sementara itu, para korban luka-luka dirawat di tiga rumah sakit, di antaranya di rumah sakit di Pidie dan Bireun.

Seperti dilansir tvOne, pasar di Tringgading, Pidie Jaya merupakan daerah yang mengalami rusak berat karena gempa. Tercatat, sekitar 13 ruko rusak berat, tiga masjid rusak. Selain itu, empat orang meninggal.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang Pidie Jaya, Aceh, Rabu, 7 Desember 2016. Hingga kemarin siang, sekitar 94 orang tewas akibat gempa. Sementara itu, luka berat berjumlah 128 jiwa dan luka ringan 489 jiwa.

Kerusakan akibat dampak gempa menyebabkan 161 rumah rusak berat. Sebanyak 105 ruko dan bangunan publik, 14 masjid, satu sekolah, dan satu rumah sakit rusak. 

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023