Sumur Warga Pidie Mengering Tiba-tiba usai Gempa

Jalan Trienggadeng-Meureudu terbelah pasca gempa 6.4 SR di Pidie Jaya Aceh
Sumber :
  • Twitter @acehprov

VIVA.co.id - Fenomena aneh terjadi usai gempa melanda Aceh pada Rabu pagi, 7 Desember 2016. Sumur warga di Kabupaten Pidie Jaya mengering secara tiba-tiba.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

Khairunnisa, warga Desa Blang Cut, Kecamatan Meurah Dua, mengatakan kepada VIVA.co.id, sumur di rumahnya tiba-tiba mengering sekira pukul 11.30 WIB. Padahal air di dalam sumur itu penuh sebelumnya.

“Setelah gempa masih ada, masih penuh. Tapi sekarang ini waktu kami lihat, sekitar pukul sebelas sampai setengah dua belas, sumurnya sudah mengering,” ujar Nisa.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Nisa menceritakan tidak hanya sumur di rumahnya yang mengering tetapi juga di rumah warga lain di sekitar. “Deretan rumah saya hampir semua kering,” katanya.

Gempa berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang Aceh pada pukul 05.04 WIB, Rabu, 7 Desember 2016. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika melansir lokasi gempa bumi berada pada 18 kilometer timur laut Kabupaten Pidie Jaya.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer dengan koordinat 5.19 lintang utara-96.36 bujur timur. Gempa itu tidak berpotensi tsunami.

Dari data sementara, ada 27 orang dilaporkan tewas, puluhan bangunan mengalami kerusakan, sejumlah infrastruktur pun dikabarkan roboh. Puluhan warga mengalami luka-luka, dirawat di rumah sakit dan klinik setempat. (ase)

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023