Korban Tewas Gempa Aceh Bertambah Jadi 26 Orang

Warga mengamati bangunan yang rusak akibat gempa di Aceh
Sumber :
  • REUTERS/Nunu Husien

VIVA.co.id – Deputi Operasi Badan SAR Nasional (Basarnas) Mayjen TNI Heronimus Guru mengatakan, jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi berkekuatan 6,5 SR di Pidie Jaya, Aceh bertambah.

Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Aceh Jaya

"Info dari BPDA di lapangan per 09.54 WIB di Kabupaten Pidie Jaya ada 25 orang meninggal dunia," kata Heronimus dihubungi VIVA.co.id, Rabu, 7 Desember 2016.

Heronimus mengatakan, dari informasi tersebut ada juga satu orang warga yang meninggal dunia di Kabupaten Bireuen. "Info dari BPDA Kabupaten Bireuen, satu orang juga meninggal dunia. Memang agak sulit koordinasi di lapangan," kata dia.

Empat Wilayah di Aceh Diguncang Gempa Magnitudo 5,6

Sebelumnya, Wakil Bupati Pidie Jaya Said Muliadi mengatakan, banyak ruko, masjid dan rumah hancur berantakan saat gempa bumi berlangsung.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melansir, lokasi gempa bumi berada pada 18 kilometer Timur Laut Kabupaten Pidie Jaya, Aceh. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

Gempa 5,2 SR Mengguncang Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa yang berada di koordinat 5.19 Lintang Utara-96.36 Bujur Timur itu tidak berpotensi tsunami, namun terjadi pagi sekali, sekitar pukul 05.30 WIB.

Gempa di Aceh

10 Gempa Terdahsyat di Bumi, Ada Indonesia

Saat lempeng tektonik dunia bertabrakan, menggiling, dan menukik satu sama lain, mereka melepaskan energi yang terpendam melalui gempa bumi raksasa yang dapat mengguncang

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2023