Akibat Gempa Sejumlah Jalan di Pidie Aceh Ambles

Ilustrasi gempa
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter yang melanda Pidie, Nangroe Aceh Darusalam, Rabu 7 Desember 2016, sekitar pukul 05.04 WIB, membuat sejumlah ruas jalan lumpuh dan tidak bisa dilewati kendaraan.

Lempeng Anatolia, Penyebab Gempa Turki yang Menewaskan Ribuan Orang

Kapolres Pidie, AKBP Ali Khadafi, mengatakan ruas jalan di Pidie memang mengalami sejumlah kerusakan, sehingga pihaknya menurunkan sejumlah tim untuk memantau.

Menurut dia, saat ini pihaknya telah membuat satu jalur untuk bisa dilalui kendaraan berat untuk bisa melakukan evakuasi.

Sorong Digoyang 75 Kali Gempa dalam Sehari, Menurut BMKG

"Kami sudah turunkan tim disepanjang jalan, dan telah membuat satu jalur pada jalan-jalan yang ambles agar bisa dilalui," jelas Ali Khadari kepada tvOne.

Adapun sejumlah korban yang telah dievakuasi, Ali menuturkan langsung dibawa ke sejumlah puskemas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pidie.

Gunung Semeru Tercatat Gempa Tektonik Lokal Empat Kali

Sementara itu, Kepala BPBD Pidie Jaya Sulaiman, mengatakan wilayah terparah gempa yaitu ada di Kecamatan Merdu, Tri Gading, Bandar Dua, dan Bandar Baru.

Dari seluruh wilayah tersebut sejumlah rumah, ruko dan masjid runtuh dan dimungkinkan ada korban jiwa di dalamnya.

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.

BMKG Catat 45 Kali Gempa Susulan usai Gempa Magnitudo 6,4 di Yogyakarta

Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta mencatat 45 kali gempa susulan usai gempa bumi dengan magnitudo 6,4 mengguncang Samudera Hindia selatan, DI Yogyakarta.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2023