KPK Sengaja Tunda Umumkan Penetapan Tersangka Bupati Nganjuk

Ketua KPK Agus Rahardjo
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi menjelaskan alasan tidak mengumumkan penetapan status tersangka terhadap Bupati Nganjuk, Taufiqurrahman. 

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Menurut Ketua KPK Agus Rahardjo, pihaknya khawatir bila diumumkan sejak dini, akan menyulitkan kerja penyidik dalam menangani perkaranya. 

"Kalau yang lalu kan begitu penyidikan langsung diumumkan. Beberapa hal kadang itu menghambat tugas kami. Misalnya, mau kami geledah malah disembunyikan, malah sulit. Maka kami tanda tangani dulu (Sprindik),  biarkan teman-teman (penyidik) bergerak, setelah itu baru diumumkan," kata Agus di kantornya, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Desember 2016.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Penundaan pengumuman ini dilakukan berdasarkan strategi penyidikan KPK. Di sisi lain, KPK menolak anggapan telah menyembunyikan informasi, karena berdasarkan peraturan KPK tak wajib mengumumkan tersangka. 

"Jadi tidak harus ketika kami tanda tangan (Sprindik) langsung diumumkan. Itu gerakan kami. Tapi memang Bupati Nganjuk sudah ditetapkan sebagai tersangka," kata Agus.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

(mus)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024