"Sendal Biru, Payung Biru, Kode"

Presiden Joko Widodo memamerkan foto sedang memilih sandal berdiskon di Balikpapan Superblock, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu, 4 Desember 2016.
Sumber :
  • Twitter @jokowi

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo memamerkan sepasang sendal jepit yang dibelinya di sebuah pusat perbelanjaan di Kota Balikpapan Kalimantan Timur, Minggu, 4 Desember 2016.

Marhan Harahap Dihadang Hingga Meninggal, Jokowi Minta Aparat Keamanan Bertindak Humanis

Foto sendal berwarna biru bermerek Fladeo, hasil karya Usaha Kecil Menengah yang digawangi oleh pengusaha Aceh Onnes Kamil Kok itu dibeli Jokowi dengan harga Rp119 ribu.

Mampir ke Balikpapan Superblock beli sandal. Lumayan dapat diskon jadi Rp.119 ribu. Produk Indonesia bagus kualitasnya -Jkw pic.twitter.com/MGD6PiHR0P

Jokowi Prihatin Sekaligus Berduka atas Insiden yang Menimpa Marhan Harahap di Sumut

— Joko Widodo (@jokowi) 4 Desember 2016
Di linimassa twitter, sejak foto itu diunggah Jokowi di jejaring sosialnya, beragam komentar pun langsung memenuhi linimassa.

Beberapa ada yang mengapresiasi langkah Jokowi tersebut dan lainnya memilih menganggap tindakan Jokowi tersebut sebagai pencitraan.

Respons Kemlu Terkait Anggota PBB yang Singgung Netralitas Jokowi di Pemilu

Namun, dari sekian komentar itu ada juga beberapa komentar netizen yang terbilang unik. Salah satunya adalah berkaitan dengan kesamaan warna yang digunakan.

Dua hari sebelumnya, tepatnya pada Jumat, 2 Desember 2016, saat aksi unjuk rasa yang diikuti oleh jutaan umat muslim di berbagai wilayah di Monumen Nasional terkait penodaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Jokowi terlihat ikut menemui para pendemo setelah sebelumnya menunaikan salat Jumat bersama seluruh pejabat negara. Dalam rinai gerimis, terlihat Jokowi mengenakan pakaian putih kesehariannya dan mengenakan payung biru.

Saat itu lah, fenomena payung biru yang dikenakan Jokowi langsung populer di jejaring sosial. Itu seragam seperti saat kejadian Jokowi mengenakan jaket jenis Army Bomber yang dipakainya saat menggelar konferensi pers usai kerusuhan unjuk rasa pada Jumat, 4 November 2016, dengan isu yang sama yakni penodaan agama.

Dan kini, Jokowi kembali memunculkan foto berupa sendal berwarna biru seharga Rp119 ribu yang dibelinya lantaran ada diskon atau potongan khusus.

Tak jelas ada kaitannya atau tidak, namun netizen sepertinya memang menyoroti hal tersebut. Berikut sejumlah komentar netizen terkait sendal Jokowi tersebut.

@jokowi payung biru, sandal biru. Apakah ini #kode Maseeee? ????????

— Ulin Yusron (@ulinyusron) 4 Desember 2016
@jokowi
Sandal Biru.
Besok ngetrend nih :)

— LUSI WATSEKA (@TanpaDelusi) 4 Desember 2016
@soldier_indo @jokowi @fariz1234 @bjuan7 payung warna biru, sendal biru.. Lg Suka ya pak sama warna biru ????????

— Nathanael Salem (@NathanaelSalem) 4 Desember 2016
@jokowi Payung biru, sandal biru. Akhir-akhir ini Pak Jokowi identik dengan biru. Ntar ada yang Baper pak! ????

— Parlindungan Sinurat (@parlindsinurat) 4 Desember 2016
Ok, slrh netizen yg ambil mata kuliah Strategi Marketing, agar segera berhenti membaca buku marketing. Sbg gantinya, undang pak @jokowi. ????????

— Yudha Hakim Ibrahim (@hakimibrahim68) 4 Desember 2016

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya