Kebijakan Wali Kota Cimahi Dikendalikan Suami

Konferensi pers pimpinan KPK terkait dugaan suap Wali Kota Cimahi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Raudhatul Zannah

VIVA.co.id – Wali Kota Cimahi, Atty Suharti Tochija, dan suaminya Mohammad Itoch Tochija, telah dijebloskan ke Rumah Tahanan KPK yang berlokasi di basement kantor lembaga tersebut.

KPK Amankan ASN Sidoarjo Saat OTT Dugaan Korupsi Hari Ini, Siapa Dia?

Pasangan ini diduga menerima suap dari dua pengusaha, Triswara Dhanu Brata dan Hendriza Soleh Gunadi. Uang itu diberikan sebagai ijon proyek pembangunan tahap II Pasar Atas Cimahi tahun 2017, yang memiliki anggaran Rp57 miliar.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengungkapkan, berdasarkan data yang mereka miliki bahwa Itoch aktif berkomunikasi dengan para pengusaha. Menurut Basaria, Itoch sebagai suami Atty, memiliki pengaruh kuat untuk menentukan beragam proyek di Cimahi. 

KPK OTT di Sidoarjo soal Pemotongan Isentif Pajak, 10 Orang Termasuk ASN Diamankan

Sebelumnya, Itoch pernah menjabat sebagai Wali Kota Cimahi selama dua periode. Adapun Atty, sebagai petahana saat ini tengah mencalonkan kembali menjadi Wali Kota Cimahi.

"Dalam pelaksanaan proyek selalu MIT (Mohammad Itoch Tochija) yang melakukan dan istrinya menandatangani saja," kata Basaria melalui pesan singkat, Senin, 5 Desember 2016.

OTT di Labuhanbatu, KPK Tetapkan 4 Tersangka Salah Satunya Bupati

Itoch juga diduga telah memperdagangkan pengaruh istrinya kepada para pengusaha. Hal ini seperti informasi yang KPK terima, bahwa Itoch kerap mengendalikan kebijakan pemerintah, sementara Atty sebagai pelaksana administrasi pemerintahan. 

"Bisa diterapkan trading incfluence, karena dia memperdagangkan pengaruh terhadap semua tindakan-tinakan di dalam melaksanakan proyek," kata Basaria. (ase)

Ali Fikri KPK

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Penuhi Panggilan KPK

Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, memenuhi panggilan pemeriksaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi, pada hari ini, Jumat, 16 Februari 2024. Ahmad Muhdlor menjadi saksi.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024