Yogyakarta Dinobatkan Jadi Kota Relawan

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menobatkan Yogyakarta sebagai Kota Relawan. Khofifah mengatakan salah satu alasannya yaitu kegotongroyongan masyarakat Yogyakarta sudah teruji sejak sebelum bangsa Indonesia merdeka hingga saat ini.

May Day di Yogya Ricuh, Lima Mahasiswa Diamankan Polisi

Menurut dia, ketika 19 Desember 1949 saat Belanda meninggalkan kota Yogyakarta, kegotongroyongan masyarakat lokal, bahu membahu memberikan perlindungan, dukungan moral, logistik sehingga meneguhkan dan menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Sehingga di situlah lahir nilai-nilai Kesetiakawanan Sosial Nasional. Bahkan, tanggal 20 Desember ditetapkan sebagai Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, yang sejarahnya dari Yogyakarta," kata Khofifah, di Titik Nol Kota Yogyakarta, Minggu, 4 Desember 2016.

Menikmati Liburan Akhir Pekan di Pantai Indrayanti Yogyakarta

Selain itu, masyarakat Yogyakarta melalui local wisdom juga dinilai berhasil melaksanakan rehabilitasi dan rekonstruksi tercepat berbasiskan masyarakat, pascagempa pada Mei 2006 silam.

Hal itu, kata Khofifah, juga karena jiwa kesukarelawanan. "Jadi, rasanya sangat tepat jika Yogyakarta dikatakan sebagai Kota Relawan," tegasnya.

Lebih 30 Rumah Rusak Diterjang Puting Beliung di Yogya

Di tempat yang sama, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, mengapresiasi 'penobatan' wilayahnya. Menurut dia, tidak hanya berhasil pemulihan secara fisik akibat gempa bumi 2006 dan letusan Gunung Merapi 2010, tetapi Yogyakarta juga tergolong cepat memulihkan kondisi psikologi sosial masyarakat.

"Hal itu berkat kerja sama semua pihak termasuk kerja-kerja dari Relawan," ungkap Sri Sultan. (ase)

Protokol membawa jenazah COVID-19 (ilustrasi)

Sehari, 8 Warga Isoman di Yogyakarta Meninggal Dunia

Delapan yang meninggal saat isoman adalah tertinggi di Kota Yogyakarta. Sebelum kasus meledak, tak ada meninggal akibat isoman.

img_title
VIVA.co.id
13 Juli 2021