Terjebak Lahar Dingin Gunung Lokon, 20 Mahasiswa Dievakuasi

Tim SAR saat mengevakuasi mahasiswa Politeknik Negeri Manado
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari

VIVA.co.id – Sedikitnya 20 Mahasiswa Pencinta Alam (MPA) Marabunta, Politeknik Negeri Manado, terjebak lahar dingin di Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara, Sabtu, 3 Desember 2016. Mereka terjebak lahar dingin di kaki Gunung Lokon yang saat itu sedang dilanda hujan sejak Sabtu sore.

Kisah di Balik Tugu Abel Tasman, Viral Usai Erupsi Marapi: Tempat Jasad Yasirli Amri Ditemukan

“Iya, ada 20 mahasiswa yang mendaki dan terjebak di kaki Gunung Lokon,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tomohon, Robby Kalangi, dihubungi via telepon, Minggu, 4 Desember 2016.  

Robby mengatakan, BPBD mendapat informasi itu melalui media sosial Facebook. Awalnya, BPBD mengira informasi yang masuk tersebut itu tidak benar, namun ternyata informasi tersebut benar.

Update Korban Erupsi Marapi: 23 Pendaki Tewas, 16 Teridentifikasi

“Ada mahasiswa yang menyebarkan informasi mereka terjebak lahar dingin di kaki Gunung Lokon. Kami pikir hanya informasi hoax. Setelah ditelusuri ternyata benar sehingga kami langsung berkoordinasi dengan beberapa pihak, termasuk Tim SAR Manado dan kepolisian,” ujar Robby.

Dini hari tadi, kata Robby, semua mahasiswa berhasil dievakuasi dengan selamat. “Beruntung saja tidak ada korban jiwa. Dan jam 5 tadi mereka semua sudah dipulangkan ke kampus Politeknik Manado,” katanya.

5 Fakta Gunung Marapi di Sumbar Erupsi, 11 Pendaki Ditemukan Meninggal

Sebelumnya beredar di Facebook foto-foto evakuasi dan penanganan Tim SAR gabungan yang dibagikan di grup Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Informasi yang diterima, mahasiswa yang terdiri dari anggota dan calon anggota MPA Marabunta Politeknik Negeri Manado ini mendaki di Gunung Lokon. Mereka berada di base camp saat terjebak hujan dan badai yang disertai dengan turunnya lahar dingin. Mereka kemudian menyebarkan pesan berantai yang menyatakan kondisi mereka yang terjebak di gunung api aktif tersebut. (ase)

Frengki Candra Kusuma

Frengki Candra Kusuma, Korban Erupsi Gunung Marapi yang Jasadnya Keluarkan Bau Aroma Wangi

Jenazah Frengki Candra Kusuma putra asal Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat tersebut akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya di Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2023