Menteri Susi Akan Tertibkan Kepemilikan Pulau Pribadi

Pulau-pulau kecil di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatra Barat
Sumber :
  • Situs Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan

VIVA.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, bertekad membenahi pengelolaan pulau-pulau kecil Indonesia. Pembenahan itu dilakukan terhadap pulau yang dijadikan aset pribadi.

Wisata ke Banyuwangi, Rugi Tak Mampir Snorkeling di Pulau Menjangan

Inisiatif pembenahan aset pulau, kata Susi, karena selama ini penghitungan pulau di Indonesia belum berjalan maksimal. Apalagi, jumlah pulau kecil sangat banyak.
 
"Pemerintah perlu tahu aset negara ini berapa, dan sekarang ini tidak pernah ada penghitungan luasnya berapa per pulau, lalu potensinya apa," kata Susi di Semarang, Jawa Tengah, Jumat, 2 Desember 2016.

Termasuk jumlah pulau yang diperjualbelikan. Menteri yang tegas meledakkan kapal asing pencuri ikan ini pun akan mengkaji kepemilikan pulau.

Insiden Cekcok Anggota DPRD Mentawai Vs Bule Diminta Diusut

"Ya tentu saja bila ada yang harus ditertibkan ya tertibkan sekalian. Nanti kepemilikannya dari mana, betul tidak," ujarnya menegaskan.

Sesuai aturan, masyarakat dilarang memiliki 100 persen tanah sebuah pulau. Mereka menjadi milik negara dan tak boleh dijadikan sebagai aset pribadi. Menurutnya, menjadikan pulau menjadi aset pribadi sama halnya dengan pencurian aset negara.

Masyarakat Sudah Lama Dilarang Dekati Aloita Resort Mentawai

"Setiap pulau kan tidak boleh dimiliki 100 persen tanahnya oleh masyarakat. Tetap harus ada 30 persen milik negara. Itu yang akan kita lakukan penertiban.”

(mus)

kepulauan

Inilah Negara Kepulauan Terindah di Dunia, Ada Indonesia

Pulau Indonesia termasuk indah.

img_title
VIVA.co.id
17 Agustus 2020