Setelah Hapus UN, Mendikbud Ingin Sabtu Libur Sekolah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Setelah mengeluarkan rencana moratorium Ujian Nasional (UN), kini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, akan menerapkan belajar di sekolah lima hari dalam sepekan. Artinya, hari Sabtu akan ditiadakan aktivitas belajar-mengajar di sekolah.

Ide Menghabiskan Liburan Anak Sekolah dengan Seru di Sentul, Destinasi Dekat dari Jakarta

"Saya sudah ajukan ke Presiden. Mudah-mudahan disetujui," kata Muhadjir saat menghadiri penandatanganan MoU Pengintegrasian Tertib Lalu Lintas Dalam Kurikulum Pendidikan antara Polda Sumatera Utara dengan Pemerintah Provinsi Sumut, di kantor Gubernur Sumut, Kamis, 1 Desember 2016.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menjelaskan, pencanangan program Sabtu libur merupakan bagian dari upaya Kementerian Pendidikan untuk mewujudkan penguatan pendidikan karakter di luar sekolah, yakni di keluarga.

Penampakan Pantai Pangandaran Membludak Diserbu Pengunjung Selama Libur Sekolah

Dengan hari Sabtu libur akan menempatkan karakter anak didik yang kuat, tidak cukup hanya mengandalkan pendidikan formal dengan tatap muka di dalam kelas.

Selama ini, Muhadjir menilai banyak masyarakat keliru dalam mempersepsikan sekolah yang identik dengan kelas dimana guru mengajar di depan kelas dan siswa mencatat, kemudian ada ujian mengenai hal yang disampaikan guru. Sehingga, jika tidak ada aktivitas di kelas dianggap tidak bersekolah.

Borobudur Gelar Berbagai Program Wisata Selama Libur Sekolah, Apa Saja?

"Itu anggapan salah, sebab sekolah itu adalah seluruh suasana di dalam dan di luar sekolah (keluarga)," jelasnya.

(ren)

Rumah Hantu Kota Tua

5 Rekomendasi Wisata di Jakarta Untuk Libur Sekolah dari Rumah Hantu hingga Aquarium

Jika Anda ingin menghabiskan akhir pekan untuk berwisata mengapa tak mencoba beberapa alternatif menarik lainnya. Apa saja? Berikut ini rangkumannya

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2023