Tower PLN Roboh, Listrik di Sulut-Gorontalo Padam

Tower SUTT PLN di Sulut roboh terkena longsor
Sumber :
  • VIVA/Agustinus Hari

VIVA.co.id – Pasokan listrik di Sulawesi Utara dan Gorontalo terjadi pemadaman, Kamis, 1 Desember 2016. Penyebabnya, tower transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV yang menyuplai listrik dari Gardu Induk Isimu - Gardu Induk Marisa Gorontalo roboh dihantam longsor pada Rabu malam 30 November 2016, sekitar pukul 21.30 WITA.

Detik-detik Aning Tega Mutilasi Ponakan Demi Curi Perhiasan Emas Korban

Akibatnya, PLTG Gorontalo keluar dari sistem dan tidak dapat mensuplai daya listrik sebesar 100 MW ke sistem Sulut-Gorontalo.

"Langkah recovery atas kejadian ini, PLN Wilayah Suluttenggo akan membangun tower transmisi emergency (darurat), di mana materialnya masih sedang dalam perjalanan darat dari Makassar," kata  Humas PLN Suluttengo, Jantje Rau di Manado, Kamis 1 Desember 2016.
 
Untuk sementara waktu, sistem tenaga listrik di Sulawesi Utara dan Gorontalo mengalami kendala suplai pasokan listrik. Khusus untuk daerah Pohuwato dan Boalemo sementara ini dilayani oleh PLTD Marisa dan PLTG Gorontalo.

Panas Bangladesh Hingga 41 Derajat Celcius, Sekolah Minggu Ini Ditutup

Dalam kondisi darurat seperti ini, Jantje meminta maaf kepada masyarakat karena suplai listrik kepada pelanggan mengalami kekurangan pasok (defisit) daya pembangkit sebesar 58.57 MW,.

"Kami mohon ataa kejadian ini. PLN akan mengupayakan kerja semaksimal mungkin untuk mempercepat recovery pembangunan tower emergency," ujarnya.

Sederet Kisah Perjuangan Tiko, Mulai dari Merawat Ibu yang Depresi hingga Hidup Tanpa Listrik

Warga Manado, Victor Montulalu, mengaku sangat terganggu dengan pemadaman yang terjadi sejak Rabu kemarin. "Inikan mulai memasuki ibadah perayaan Natal, kemarin terjadi tiga kali pemadaman. Kami berharap masalah ini cepat teratasi," katanya.

Gara-gara listrik padam, 3 pegawai Pemkab Brebes terjebak dalam lift 45 menit

Gegara Listrik Padam, 3 Pegawai Pemkab Brebes Panik Terjebak Dalam Lift 45 Menit 

Tiga orang pegawai Pemkab Brebes, Jawa Tengah terjebak di dalam lift saat listrik padam pada Senin siang, 19 Februari 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Februari 2024