TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Demo 212, Mendagri Instruksikan Pemadam Kebakaran Siaga

Pemadam kebakaran diminta mendukung polisi mengamankan demonstrasi.
Demo 212, Mendagri Instruksikan Pemadam Kebakaran Siaga
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (VIVA.co.id/ Danar Dono)

VIVA.co.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menginstruksikan, instansi pemadam kebakaran se-Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi bersiaga pada Jumat, 2 Desember 2016. Hal itu untuk mendukung pengamanan demonstrasi besar-besaran yang bertajuk Aksi Bela Islam III di Jakarta pada Jumat.

Instruksi yang sama juga berlaku bagi instansi pemadam kebakaran di beberapa kota/kabupaten di Jawa Barat dan Banten yang berbatasan atau berdekatan dengan Banten.

Instruksi Mendagri disampaikan kepada Direktur Jenderal Administrasi Wilayah, diteruskan kepada Direktur Satuan Polisi Pamong Praja dan Direktur Pemadam Kebakaran di wilayah Jabodetabek.

"Termasuk wilayah Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten untuk siaga satu mulai 1 malam sampai 3 Desember 2016, lengkap dengan pakaian dinas," ujar Mendagri melalui pesan singkat, Kamis, 1 Desember 2016.

Menteri juga meminta instansi Pemadam Kebakaran berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk proses pengamanan. Semua upaya pengamanan di bawah komando Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) berencana menggelar unjuk rasa di Lapangan Monas, Jakarta, pada Jumat, 2 Desember 2016. Demonstrasi lanjutan Aksi Bela Islam II itu menuntut aparat penegak hukum mengusut tuntas dan mengadili Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Gubernur nonaktif DKI Jakarta, atas kasus penistaan agama.

Kegiatan yang diklaim diikuti ratusan ribu orang itu dirangkai dengan aksi gelar sajadah, orasi atau ceramah sejumlah ulama, dan diakhiri salat Jumat berjamaah. Kegiatan dijadwalkan dimulai pukul delapan pagi sampai satu siang.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP