Massa dari Banten Siapkan 150 Bus ke Monas

Umat Muslim kibarkan bendera Merah Putih saat aksi unjuk rasa.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Peserta aksi damai pada 2 Desember mendatang dari Banten, telah menyiapkan sedikitnya 150 bus untuk diberangkatkan menuju Lapangan Monas Jakarta.

Harga Kedelai Naik, Perajin Tahu-Tempe Semanan Mogok 3 Hari

Bus itu akan mengangkut massa dari Kabupaten Pandeglang sebanyak 25 bus, Kabupaten dan Kota Serang 50 bus, Kota Cilegon 5 bus, dan Tangerang Raya 70 bus. 

"Akan berangkat ke Jakarta Kamis malam. Berangkat dari masing-masing daerah, bertemu di Masjid Istiqlal," kata Affan Ma'mun, ketua Forum Umat Islam Banten, di kantornya, Rabu, 30 November 2016.

Buruh Tangerang Blokade Jalan Raya Serang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Petugas kepolisian mengaku tak bisa melarang warga maupun perusahaan otobus untuk mengangkut massa ke Jakarta guna mengikuti kegiatan doa bersama itu.

"Kami tidak membatasi, tapi tentunya dari pihak PO berdasarkan pengalaman kemarin, mereka punya evaluasi sendiri. Kami mengimbau demi keamanan, kami sarankan melaksanakan (istigosah) di daerah kita saja," kata Kapolda Banten, Brigjen Pol. Listyo Sigit Prabowo, saat ditemui di Kota Serang.

Ribuan Buruh Demo Tolak UMK 2022, Akses Menuju Tol Cikupa Dialihkan

Sementara itu, dari pihak PO bus, mengaku telah berkoordinasi dengan petugas kepolisian terkait jumlah kendaraan yang disewa massa.

"Saya sudah dipanggil sama pihak berwajib dari Polsek ataupun Polda. Semua PO diizinkan, tapi jangan terlalu banyak. Tapi ada kesepakatan, itu pun dari pihak penyewa identitasnya harus ada, dari ormas mana dan lain sebagainya," kata Andi Suwandi, pengurus PO Srimaju Prima, di poolnya.

Protes antiperang terjadi di Moskow Rusia usai Ukraina diinvasi

Ratusan Pengunjuk Rasa Anti-Perang Ditangkap di Seluruh Rusia

Lebih dari 750 orang telah ditangkap di kota-kota di seluruh Rusia, karena memprotes invasi Moskow ke Ukraina, yang sekarang memasuki minggu ketiga.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022