TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
NASIONAL

Jokowi: Korpri Harus Jadi Solusi, Bukan Masalah Bangsa

Jokowi memimpin upacara HUT Korpri-45 di Monas
Jokowi: Korpri Harus Jadi Solusi, Bukan Masalah Bangsa
Jokowi di Peringatan HUT Korpri di Monas (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo mengingatkan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) harus fokus dalam memberikan pelayanan publik yang terbaik. Sebab, kata Jokowi, rakyat membutuhkan aparatur negara yang disiplin dan bertanggung jawab, serta berorientasi kerja.

Pesan itu disampaikan Presiden pada upacara ulang tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-45 di Silang Monas, Jakarta, Selasa, 29 November 2016.

"Tinggalkan ego sektoral, mental priyayi, mental penguasa koruptif yang hanya terpaku pada formalitas belaka. Fokuskan energi pada intisari pelayanan publik yaitu memberi pelayanan terbaik," kata Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, dengan peningkatan kualitas pelayanan publik, kompetisi global akan dimenangkan. "Dengan pelayanan publik prima, sesungguhnya Korpri berada di garis depan perjuangan agar Indonesia bisa menjadi bangsa pemenang dalam era global," ujar Jokowi.

Tak hanya itu, kata Jokowi, setiap anggota Korpri harus bisa menjadi aset bagi bangsa, solusi bagi bangsa bukan malah menjadi masalah untuk bangsa.

"Artinya, teruslah melakukan inovasi agar pelayanan publik bisa makin murah cepat baik. Hilangkan berbagai kendala yang mengurangi produktivitas dan memperlambat laju pembangunan nasional," tutur Presiden.

Penasihat Nasional Korpri itu juga menambahkan bahwa Korpri haruslah bertransformasi menjadi korps profesi Aparatur Sipil Negara (ASN). Yakni, bagaimana dalam bentuk baru tersebut fungsi yang diemban ialah pengembangan profesi.

"Jadi, bagaimana memberikan perlindungan hukum dan memberi advokasi kepada ASN. Meningkatkan kesejahteraan anggotanya," kata Jokowi.

Terakhir, Jokowi juga berharap korps profesi ASN Indonesia bisa menjadi pusat inovasi, tempat lahirnya loncatan, guna memajukan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Korpri berperan menjaga kode etik profesi dan mewujudkan jiwa korps ASN sebagai pemersatu bangsa. Jajaran Korpri di mana pun bekerja, saya ucapkan selamat menunaikan tugas, lanjutkan pengabdian dan karya terbaik bagi masyarakat bangsa dan negara. Korpri maju terus!" ujar Jokowi.

Hadir dalam upacara peringatan Korpri ke-45 yang bertema "Bersama Korpri Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara" itu antara lain, Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya, Irjen Mochamad Iriawan, Pangdam Jaya Mayjen Teddy Lhaksmana, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.

Selain itu, hadir Kepala Staf Kantor Kepresidenan Teten Masduki, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, Jaksa Agung M Prasetyo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur, serta Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP