TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Atasi Banjir Bandung, Kementerian PUPR Bangun Terowongan

Terowongan di Curug Jompong diprediksi rampung tahun 2018.
Atasi Banjir Bandung, Kementerian PUPR Bangun Terowongan
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya)

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun terowongan air di Curug Jompong, Jawa Barat, untuk mengatasi banjir di wilayah Bandung, khususnya di kawasan Baleendah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya sudah bertemu dengan Walikota Bandung Ridwan Kamil, yang mengatakan jika Pemkot Bandung dan pihak Institut Teknologi Bandung (ITB) sudah berencana membangun tujuh unit small ponds untuk pengendalian banjir.

"Maka kami dari Kementerian PUPR akan bantu membuat terowongan di Curug Jompong, untuk mengalirkan air dari Kali Citarum. Karena di Curug Jompong itu terhambat, makanya Baleendah itu banjir terus," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Senin, 28 November 2016.

Basuki menjelaskan, hambatan di lokasi tersebut menyebabkan air tidak mengalir ke Kali Citarum, sehingga terjadi aliran balik air.

Awalnya, Kementerian PUPR akan langsung memotong tebing yang ada di wilayah itu, namun terkendala adanya sebuah situs yang dihormati warga sehingga harus dilakukan dengan desain terowongan agar tidak mengganggunya.

"Puslitbang Air (Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air) sedang mendesain itu, mudah-mudahan 2017 kita mulai anggarannya sekitar Rp400 miliar, paling lambat 2018 sudah jadi," kata Basuki.

Diketahui, selain membuat terowongan di wilayah Curug Jompong tersebut, Kementerian PUPR juga akan membuat sodetan Cisangkuy, serta polder Cieunteung untuk penanganan banjir di Baleendah, Bandung, Jawa Barat.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP