Aksi Tanam 238 Ribu Pohon di Tuban Pecahkan Rekor Dunia

Aksi tanam pohon serentak Presiden Jokowi pecahkan rekor dunia
Sumber :
  • VIVA/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Tuban, Jawa Timur, Senin, 28 November 2016, berhasil mencetak rekor dunia. Rekor sebelumnya dipegang oleh Filipina.

Aksi Nyata Kombes Zain Dwi Atasi Masalah Perubahan Iklim

Acara yang dilakukan di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, ini dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden dan Ibu Negara Iriana Jokowi turut menanam pohon berupa Jati. Begitu juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Hari Menanam Pohon Nasional: Makin Banyak Orang Peduli Lingkungan

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, ayo kita menanam bersama-sama selama waktu satu jam ini," ujar Presiden Jokowi langsung diikuti penanaman simbolik berupa pohon Jati, Senin 28 November 2016.

Jumlah yang ditanam dalam waktu satu jam, sebanyak 238.000 bibit pohon. Terdiri dari 200 ribu bibit Kaliandra dan 38 ribu Jati. Penanaman dilakukan oleh petani setempat.

Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia, 3000 Bibit dari Jenis Berbeda Ditanam

Jumlah ini melebihi rekor yang sebelumnya dipegang Filipina dengan menanam serentak 223.000 bibit pohon.

Pemberian rekor dunia ini diserahkan oleh Adjudicetor for Guinness Book of Record, Dangarikar Swapnil Mahesh, kepada Ketua Koperasi Produsen Anugerah Bumi Hijau (Koprabuh).

Berdasarkan Keputusan Presiden RI Bo.24 tahun 2008 ditetapkan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN). Adapun tema peringatan ke-9 ini adalah "Pohon dan Hutan Rakyat, untuk Kehidupan, Kesejahteraan, dan Sumber Devisa Negara".

Dalam siaran pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dilakukan penanaman sebanyak 250.000 batang tanaman. Perum Perhutani menanam 12 ribu batang dengan jenis bibit jati pada lahannya seluas 23 hektare.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya