SBY Minta Malaysia Tak Memancing Emosi

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berharap Malaysia menjadi negara yang mampu menjaga hubungan baik dan tidak memancing emosional masyarakat Indonesia. Hal ini menyusul klaim Malaysia atas Tari Pendet yang digunakan dalam iklan Visit to Malaysia.

"Kita harus mencegah hal-hal seperti ini (hubungan baik), namun harus menjaga dan memelihara hubungan baik, karena ini sudah sering terjadi beberapa kali," kata Presiden SBY di Kantor Presiden Jakarta, Selasa 25 Agustus 2009.

Klaim Malaysia sebenarnya tidak hanya terjadi atas Tari Pendet. Sebelumnya, mereka juga mengklaim angklung, reog Ponorogo, batik, Hombo Batu, dan Tari Folaya.

Itu sebabnya, Presiden SBY meminta Departemen Hukum dan HAM segera melakukan inventarisasi seluruh hasil dan karya budaya Indonesia.

Lebih lanjut SBY mengatakan meski sering terjadinya perselisihan antara Indonesia dan Malaysia, diharapkan tidak sampai mengganggu hubungan kedua negara. "Kerjasama di bidang lain jangan sampai terganggu," kata dia.

SBY mengakui sejumlah hasil karya budaya Indonesia sudah dilakukan untuk dipatenkan ke dunia internasional. Contohnya, wayang, keris. Sedangkan batik dan tari-tarian lainnya sedang dilakukan untuk dipatenkan.

Ganjar Tak Masalah Ketum PPP Hadir Silaturahmi dengan Kubu 02
ilustrasi ambulans.

Detik-detik Polisi Setop Ambulans Lawan Arus One Way, Ternyata Bukan Bawa Pasien Sakit

Ambulans itu disebut disetop di Exit Tol Parungkuda, Sukabumi.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024